Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan BUMN (Program TJSL BUMN) merupakan salah satu program BUMN sebagai komitmen perusahaan terhadap pembangunan yang berkelanjutan dengan memberikan manfaat pada ekonomi, sosial, lingkungan serta hukum dan tata kelola dengan prinsip yang lebih terintegrasi, terarah, terukur dampaknya serta dapat dipertanggungjawabkan dan merupakan bagian dari pendekatan bisnis inti dalam menciptakan Creating Shared Value (CSV) bagi Perusahaan.

Program TJSL BUMN bertujuan untuk:

  1. Memberikan kemanfaatan bagi pembangunan ekonomi, pembangunan sosial, pembangunan lingkungan serta pembangunan hukum dan tata kelola bagi perusahaan.
  2. Berkontribusi pada penciptaan nilai tambah bagi perusahaan dengan prinsip yang terintegrasi, terarah dan terukur dampaknya serta akuntabel.
  3. Membina usaha mikro dan usaha kecil agar lebih tangguh dan mandiri serta masyarakat sekitar perusahaan.
PROGRAM UNGGULAN

E – BALITA

Teknologi saat ini terus berkembang dan manfaat penggunaan Platform berbasis digital membuat user dapat mengakses data dengan lebih mudah, cepat dan update. TJSL PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko (Persero) membuat program inovasi E-Balita dengan memanfaatkan platform digital dalam melakukan pencatatan data anak Balita meliputi usia, jenis kelamin, tanggal lahir juga data orang tua, status gizi balita dan pelayanan data layanan Kesehatan Dusun (Posyandu) secara online. Bekerjasama dengan Perusahaan penyedia layanan digital yaitu Icon+ dan Prodigi Gizi UGM sebagai supervisi tercipta Aplikasi E-Balita.

KAMPUNG RAMAH ANAK

Kampung Ramah Anak merupakan salah satu program sosial TJSL PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (Persero) yang berkontribusi pada bidang pendidikan melalui pelatihan dan pendampingan warga masyarakat. Melalui Kampung Ramah Anak, diharapkan dapat tercipta lingkungan yang nyaman dan memberikan ruang pada anak dalam belajar, bermain dan bersosialisasi sehingga mampu meningkatkan nilai positif dan pembentukan karakter anak.

SISWA INOVATIF

Siswa Inovatif merupakan program TJSL PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (Persero) dalam sektor Pendidikan yang bertujuan untuk menumbuhkan jiwa enterpreneur dan mempunyai usaha baru. Bekerjasama dengan Lembaga Pendidikan dan Lembaga Pemerintahan terkait, para siswa SMK akan didampingi untuk memulai usaha baru sesuai dengan minat dan latar belakangnya.

ASAH TALENTA

Asah Talenta merupakan program unggulan TJSL PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (Persero) dalam bidang pendidikan yang bertujuan untuk memberikan dampak sosial dan ekonomi pada mitra terdekat perusahaan. Asah talenta merangkul anak-anak pelaku wisata (pedagang, kusir andong, pemandu wisata) yang mempunyai bakat dalam bidang seni. Anak-anak pelaku wisata akan diberikan pelatihan dan pendampingan hingga mahir sehingga menciptakan karya seni dan budaya untuk meningkatkan nilai tambah yang menghasilkan.