download

BRACE Dukung Konektivitas Destinasi Wisata di Borobudur

3 minutes

Guna mengembangkan dan konektivitas pariwisata kawasan sebagai penyangga Destinasi Pariwisata Super Prioritas Candi Borobudur, PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko (PT TWC) bekerjasama dengan Bitread menyelenggarakan event Borobudur Creative Race (BRACE).

Event BRACE diselenggarakan pada hari Sabtu, 17 September 2022, berlokasi di kompleks Taman Wisata Candi Borobudur dan di kawasan sekitarnya. BRACE menitikberatkan pada konten edukasi yang memiliki korelasi dengan nilai-nilai yang ada pada Candi Borobudur, serta unsur pemberdayaan masyarakat sekitar. 

Brace 2022 diikuti oleh 15 tim, masing-masing beranggota empat orang. Opening ceremony dilakukan dari Taman Lumbini, kompleks Taman Wisata Candi Borobudur. Para peserta dihibur oleh penampilan Opera Van Jathilan, yang nantinya juga sebagai bahan pertanyaan dalam game oleh panitia.

Para peserta Brace 2022 dilepas oleh Kepala Biro infrastruktur dan Sumber Daya Alam Setda Provinsi Jateng Dadang Sumantri bersama VP Marketing & Sales PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko. Kemudian para peserta bergegas menuju beberapa Balai Ekonomi Desa (Balkondes) di kawasan Borobudur dengan mengendarai mobil VW. Di setiap Balkondes, mereka mendapatkan tantangan yang telah dipersiapkan.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyampaikan kegiatan Borobudur Creative Race (Brace) 2022 sebagai salah satu upaya untuk membangkitkan kembali geliat pariwisata di kawasan Candi Borobudur yang agak meredup saat pandemi COVID-19.

“Kami terus bersinergi, kerja sama antar pemangku kepentingan untuk mengembangkan kawasan Candi Borobudur sebagai salah satu dari lima destinasi kawasan super prioritas di Indonesia,” kata Ganjar di Magelang, Sabtu (17/9/2022).

Ia menyampaikan hal tersebut dalam sambutan tertulis pada pembukaan Brace 2022 yang dibacakan Kepala Biro infrastruktur dan Sumber Daya Alam Setda Provinsi Jateng Dadang Sumantri.

Menurut dia kehadiran Brace 2022, merupakan wadah untuk menciptakan kreasi, narasi yang inspiratif. Dia menuturkan dengan metode tantangan, permainan, dan literasi, partisipasi, dan pengalaman para peserta akan mengenal kawasan Borobudur bahkan menemukan potensi-potensi baru. 

“Ibarat secercah harapan yang menambah daya tarik kawasan ini agar semakin banyak dikunjungi wisatawan,” terang Ganjar.

Marketing & Sales Vice President PT TWC Pujo Suwarno menjelaskan Borobudur Creative Race adalah event game edukatif berbasis teknologi, yang terinspirasi dari relief Candi Borobudur. BRACE dimainkan secara tim untuk memecahkan misi rahasia di area Taman Wisata Candi Borobudur dan kawasan sekitar.

Menurutnya, event ini secara khusus dirancang untuk mengenalkan dan mempromosikan Candi Borobudur beserta kawasannya. Para peserta akan diajak berpetualang dan mengeksplorasi nilai sejarah Candi Borobudur dan kawasan sekitarnya, dalam sentuhan teknologi.

“Pelaksanaan event ini mengambil tempat di beberapa titik lokasi Jawa Tengah yang akan berubah setiap tahunnya. Di tahun pertama penyelenggaraan, kami memilih lokasi di Borobudur sebagai embrionya. BRACE dikemas secara interaktif, sehingga sangat menarik untuk diikuti oleh para peserta,” kata Pujo Suwarno.

Menurutnya, Jawa Tengah memiliki banyak potensi pariwisata yang menarik untuk dikunjungi. Salah satu magnet utamanya adalah Candi Borobudur, yang memiliki ragam potensi baik di bidang kuliner, seni budaya, alam, kerajinan, dan sebagainya. 

“Kekayaan potensi wisata ini harus terus diperkenalkan dan dipromosikan kepada masyarakat luas. Salah satunya bisa dilakukan melalui penyelenggaraan event,” tutupnya.