download

PT TWC Dukung Penyelenggaran JITM Ke-13 2022

3 minutes

Sebanyak 50 perwakilan dari 7 Negara yaitu Perancis, Spanyol, Malaysia, Singapura, Thailand, India dan Canada serta 60 seller dari Travel Agent, Hotel, Corporate dan Destinasi Wisata di DIY mengikuti Welcome Dinner Jogja International Travel Mart (JITM) Ke-13 di Rama Shinta Garden Resto, kompleks Unit Teater & Pentas Ramayana, Prambanan, Yogyakarta, Senin (12/9/2022). Event ini kembali diselenggarakan secara offline setelah 2 tahun sebelumnya dilaksanakan secara hybrid karena situasi pandemi Covid-19.

Tema JITM tahun ini yaitu “Stronger Recovery of Tourism” mengandung harapan dan optimisme yang tinggi agar kepariwisataan DIY bisa segera pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat. Kepala Dinas Pariwisata DIY Singgih Raharja mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan kesempatan besar bagi pelaku wisata di Yogyakarta.

“Ini adalah event pertama kami yang mengundang buyer dari luar negeri setelah dua tahun lamanya pandemi Covid-19. Event ini merupakan kesempatan besar bagi pelaku wisata untuk menumbuhkan kolaborasi untuk bisa memperkuat ekosistem pariwisata kawasan,” kata Singgih, Senin (12/9/2022). 

Pada penyelenggaraan table top ini, buyer dan seller akan bertemu secara langsung dan mengadakan pertemuan. JITM 2022 ini terselenggara berkat kerja sama antara Pemprov DIY dengan asosiasi travel agent Indonesia, pengelola destinasi, hotel, restoran, 

“Even ini diharapkan mampu membangkitkan kembali geliat aktivitas kepariwisataan serta membawa impak positif kepada perekonomian di DI Yogyakarta,” tutur dia. 

Event ini juga sebagai ajang pertukaran informasi untuk memperluas jaringan bisnis antar buyer dan seller. Peserta bisa berdiskusi terkait trend dan isu serta inovasi pada industri perjalanan pariwisata. Event JITM ini tidak menutup kemungkinan untuk bangsa pasar domestik yang menengah ke atas. Pangsa pasar ini juga harus digarap secara baik melalui kolaborasi antara asita dengan PHRI. 

“Isu pariwisata berkelanjutan dapat kami maknai menjadi bagian yang sangat penting. Kemudian untuk mengangkat dari sisi desa wisata,” ujarnya. 

JITM 2022 menjadi road to World Tourism Day yang diperingati bersama-sama di tanggal 27 September atau Hari Pariwisata Dunia. Ini akan menjadi Road to Asian Tourism Forum (ATM) yang akan diselenggarakan pada pertengahan bulan Januari 2023. 

Sementara itu, PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko mendukung terselenggaranya JITM 2022. Hal ini dilakukan sebagai langkah mengakselerasi pertumbuhan ekosistem pariwisata di DI Yogyakarta pascapandemi.

“Momentum pemulihan Ini merupakan tantangan sekaligus harapan bagi ekosistem wisata. Dibutuhkan kolaborasi serta sinergi antar stakeholder untuk bisa mengakselerasi pertumbuhan industri pariwisata yang berkualitas,” terang Corporate Secretary PT TWC AY Suhartanto.

Sebagai pengelola destinasi pariwisata bercorak cagar budaya, PT TWC mengajak insan wisata untuk menggelorakan semangat pariwisata berkelanjutan. Destinasi wisata yang berkualitas dan memiliki nilai serta cirinya sendiri akan menjadi daya tarik bagi para wisatawan mancanegara yang berkunjung dan meninggalkan memori untuk kembali berkunjung.

“Semoga dengan adanya agenda ini, ekosistem pariwisata berkualitas dengan mempersembahkan destinasi, atraksi maupun fasilitas yang prima bagi wisatawan bisa kita wujudkan bersama,” ujarnya.