download

Agenda IOI Ke-34 Langkah Diplomasi Pariwisata Indonesia

3 minutes

PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko mendukung penuh kegiatan International Olympiad in Informatics (IOI) ke-34 Tahun 2022 yang diselenggarakan di Yogyakarta dari tanggal 7-15 Agustus 2022. Hal ini dilakukan dengan mempersiapkan pelayanan prima di kawasan wisata berbasis cagar budaya yang dikelolanya.

Dalam agenda kerjanya, peserta IOI ke-34 yamg berasal dari 65 negara on-site ini berkesempatan mengunjungi destinasi unggulan PT TWC, di antaranya Keraton Ratu Boko dan Ramayana Ballet Dance Open Air, Candi Prambanan, Yogyakarta serta kawasan Taman Wisata Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

Corporate Secretary PT TWC AY Suhartanto mengatakan bahwa sejak awal pihaknya sudah melakukan komunikasi intens dengan panitia acara guna mempersiapkan destinasi wisata yang dikelolanya. PT TWC berkomitmen untuk mendukung agenda IOI sebagai bagian diplomasi budaya dan pariwisata agar menjadi magnet kunjungan dan meningkatkan perekonomian kawasan.

“Tentunya, ini merupakan satu kesempatan emas untuk menampilkan destinasi yang kami kelola dengan profesional ke hadapan para tamu dan delegasi dari berbagai negara sahabat ini. Kami mempersiapkan destinasi untuk tampil prima serta pelayanan yang berkelas. Semoga, kunjungannya ke sini bisa membekas dan nantinya akan berkunjung kembali,” terangnya saat menghadiri Closing Ceremony International Olympiad in Informatics (IOI) di Ramayana Ballet Dance Open Air, Candi Prambanan, Yogyakarta, Minggu (14/8/2022).

Berlatar kemegahan Candi Prambanan, prosesi penutupan ini menampilkan pertunjukan yang memadukan budaya serta teknologi video mapping yang memukau peserta yang berasal dari berbagai negara ini. Peserta kompetisi bidang informatika dunia menikmati sajian tari kolosal yang dipadukan dengan video mapping yang bercerita tentang perkembangan teknologi dari masa prasejarah hingga saat ini. Peserta dapat menyaksikan perkembangan dan inovasi teknologi yang telah berkontribusi dalam meningkatkan kualitas hidup manusia.

Dalam penyelenggaraan IOI ke-34, selain melaksanakan kontes dan pertemuan akademik, seluruh peserta juga melakukan ekskursi budaya ke berbagai destinasi wisata budaya di seputar Yogyakarta. Menteri Koordintor Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) RI Muhadjir Effendy mengatakan bahwa IOI bisa menjadi wahana diplomasi budaya Indonesia kepada para delegasi yang hadir.

“Delegasi diajak untuk mengenal keragaman budaya indonesia dengan beragam kegiatan, pelatihan membatik, menari tarian tradisional sampai kunjungan ke pusat-pusat kebudayaan di DI Yogyakarta. Pengalaman ini bisa mengenalkan dan mempererat semangat keberagaman di Indonesia,” terang Muhadjir Effendy dalam sambutannya.

IOI ke-34 yang bertema Digital Energy of Asia merupakan bentuk dukungan terwujudnya masyarakat 5.0, di mana teknologi digital akan menjadi sangat dekat dengan kehidupan manusia dan dikembangkan sebesar-besarnya untuk kesejahteraan kehidupan.

Hadir dalam acara closing ceremony antara lain Duta Besar Hungaria untuk Indonesia Lilla Karsay, Sekjen Kemendikbudristek RI Suharti, Komisaris Utama InJourney Triawan Munaf, President of IOI Benjamin Burton dan General Assambly Chairwomen of IOI Gusti Kanjeng Ratu Hayu.