download

Ribuan Pesepeda Ikuti Tour de Prambanan 2022

2 minutes

Ribuan pesepeda unjuk kekuatan pada ajang Tour de Prambanan 2022 yang dimulai dari Lapangan Siwa, kompleks Taman Wisata Candi Prambanan, Sabtu (30/07/2022). Para peserta menjelajahi rute sepanjang 128 km yang melewati tiga kabupaten di DIY, yakni Sleman, Kulonprogo dan Bantul.

Para peserta Tour de Prambanan dilepas secara simbolis oleh Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa bersama Deputi 3 Bidang Pembudayaan Olahraga Kementerian Pemuda dan Olahraga Raden Isnanta, Kepala Dinas Pariwisata DIY Singgih Raharjo, Wakapolda DIY Brigjen Pol R Slamet Santoso, Kepala BPO Disdikpora DIY Priya Santoso, Ketum KONI DIY Djoko Pekik Irianto dan Direktur Teknik & Infrastruktur PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko Mardijono Nugroho.

Kegiatan ini diikuti oleh 1.270 peserta yang berasal dari 208 Komunitas Balap sepeda dari seluruh Indonesia seperti, seperti Jakarta, Bogor, Tangerang, Bandung, Semarang, Balikpapan, Riau, Medan, Bali, Papua, Madiun, Madura, Surabaya, Kediri, Denpasar, dan lainnya. Selain itu, ada peserta yang berasal dari tiga negara yakni Jepang, Belanda dan Jerman. 

Dalam pelepasan rombongan Tour de Prambanan 2022 tersebut, Wabup Sleman berharap keberadaan ‘Tour de Prambanan 2022’ ini bisa menjadi sarana promosi sekaligus kebangkitan dunia pariwisata di Sleman. 

“Harapan kami dengan adanya Tour de Prambanan ini, bisa meningkatkan jaringan pariwisata dan bisa meningkatkan pertumbuhan pariwisata lagi di Kabupaten Sleman pascapandemi Covid-19,” terangnya.

Deputi Deputi 3 Bidang Pembudayaan Olahraga Kementerian Pemuda dan Olahraga, Raden Isnanta mengatakan, pihaknya sangat mendukung pelaksanaan Tour de Prambanan 2022 ini. 

“Kegiatan ini masuk dalam konteks sport tourism dan ini sudah sesuai dengan amanat Desain Besar Olahraga Nasional (DBON). Ini sangat tepat sekali, olahraga dikolaborasikan dengan industri pariwisata,” tegasnya.

Sementara itu, PT TWC sebagai pengelola destinasi wisata berbasis cagar budaya mendukung pengembangan sport tourism di Indonesia. Komitmen ini dilakukan sebagai bagian dalam menyokong proses transformasi menuju era pariwisata berkualitas yang berkelanjutan.

“Kami mendukung event-event olahraga skala nasional maupun internasional di destinasi kami. Hal ini senagai bagian dalam menegmbangkan pariwisata berkualitas di destinasi dan juga kawasan yang akan berdampak langsung pada perekonomian sekitarnya,” tutupnya.