download

Kesuksesan Penyelenggaraan Festival Besar Pertama di Jateng-DIY Pascapandemi

2 minutes

Prambanan Jazz Festival 2022 sukses menampilkan musisi kenamaan Indonesia. Selama tiga hari digelar, ribuan penonton lintas generasi nampak memadati Taman Wisata Candi Prambanan yang menjadi panggung gelaran “Sewindu Merayakan Rindu” ini.

Pergelaran Prambanan Jazz Festival 2022 dilaksanakan di Lapangan Brahma Mandala. Penonton yang datang diwajibkan telah divaksinasi kedua. Panyelenggara juga menyiapkan tenaga vaksinator bagi penonton yang belum mendapat vaksin kedua.

Salah satu penonton, Nadia Larasati (18) warga Depok menyebut dirinya hadir di Prambanan Jazz Festival 2022 usai melihat ada sejumlah musisi idolanya yang tampil sebagai line up. Nadia membeberkan nama Tulus, Fiersa Bestari, Kunto Aji, Melancholic Bitch, Maliq and D’Essentials hingga Pamungkas adalah nama-nama musisi yang ingin ditontonnya di Prambanan Jazz Festival 2022.

“Sengaja datang ke Yogyakarta nonton Prambanan Jazz. Nonton sama teman-teman SMA dulu. Ada yang sekarang di Surabaya, Bandung sama Bali. Kita janjian ketemu dan nonton di sini. Kebetulan yang tampil di Prambanan Jazz itu banyak yang memang kita suka,” kata Nadia.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang datang di hari kedua PJF 2022 ini tampak terpukau dengan antusiasme penonton yang datang. Baginya, ini adalah kerinduan luar biasa setelah dua tahun menahan diri karena pandemi.

“Ternyata ada kerinduan yang luar biasa ya. Melihat antusiasme nampaknya memang judulnya dua tahun ngempet gitu ya. Mereka tumpah ruah di sini. Terbukti tiga hari sampai dengan besok dugaan saya akan ramai. Penampilannya juga luar biasa,” kata Ganjar usai menyaksikan Prambanan Jazz Festival 2022 di hari kedua.

Founder Rajawali Indonesia & CEO Prambanan Jazz Festival, Anas Syahrul Alimi mengaku takjub dengan antusiasme para penonton. “Prambanan Jazz Festival sangat sukses, ini jauh di luar ekspektasi kami,” kata Anas Syahrul Alimi, Minggu (3/7).

Anas Syahrul Alimi makin senang gara-gara melihat raut bahagia ribuan penonton yang hadir akhir pekan kemarin. “Semua senang, kayaknya gara-gara masyarakat akhirnya bisa datang ke konser offline. Prambanan Jazz Festival jadi festival skala besar pertama di Yogyakarta, Jawa Tengah, setelah pandemi,” ucap Anas.

Sementara itu Direktur Utama PT TWC Edy Setijono mengatakan bahwa penyelenggaraan event nasional ini merupakan bentuk dukungan pada pulihnya industri seni pertunjukan (showbiz) yang ada di Indonesia.

“Sudah ada agenda konser besar yanh terjadwal dilakukan di kawasan Taman Wisata. Tentunya ini menjadi pertanda mulai pulihnya industri ini dan terbukti dengan antusiasme penonton di PJF 2022 ini,” pungkasnya.