download

Dana Kemitraan TWC Bantu UMKM Bangkit Jelang Pasca Pandemi

2 minutes

PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko melalui program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) menyalurkan dana kemitraan sebesar 170 juta rupiah kepada tujuh mitra binaan di Kantor Pusat PT TWC, Senin (11/4/2022). Hal ini sesuai dengan komitmen BUMN untuk membantu usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dalam proses pemulihan ekonomi.

Penyaluran dana bagi mitra binaan dilakukan oleh Plt TJSL & SME Founding Manager PT TWC Ismiyati didampingi SME Loan Management & Reporting AM Purwanti Pujiastuti dan Pjs TJSL & SME Funding Planning AM Roto Toge dan diserahkan kepada perwakilan mitra binaan Ambar Sriningsih.

Pemiliki usaha batik HR Ambar, Ambar Sriningsih mengatakan bahwa dana usaha dari PT TWC ini akan digunakan untuk proses pemulihan bisnisnya, seiring dengan mulai membaiknya kondisi menuju pascapandemi. Beberapa diantara digunakan untuk proses pengadaan bahan produksi serta untuk menutup biaya maintenance selama proses produksi.

“Dana yang kami ajukan akan digunakan untuk keperluan produksi di HR Ambar, mengingat saat ini mulai banyak pesanan berdatangan. Biaya ini akan digunakan untuk mencari bahan baku maupun biaya produksi, karena pesanan sudah mulai masuk di tempat kami,” terang Ambar Sriningsih.

Batik HR Ambar yang terletak di Wedi, Klaten, Jawa Tengah ini memproduksi kain serta seragam dari kain batik. Awal 2022 ini, Batik HR Ambar menerima banyak pesanan pembuatan seragam, baik dari perkantoran, sekolah maupun organisasi masyarakat lainnya.

“Sementara kami mau mengadakan bahan baku, namun terbatas modal yang ada. Jadi, bantuan dana usaha ini sangat berarti bagi kami untuk menjalankan semua pesanan yang masuk,” lanjut Ambar.

Di triwulan pertama tahun 2022 ini, PT TWC telah menyalurkan dana kemitraan sebesar 600 juta rupiah kepada 15 mitra binaan yang terdiri dari berbagai macam usaha seperti pedagang kelontong, industri makanan, toko bangunan, kerajinan, industri kreatif dan kerajinan batik.

Plt TJSL & SME Founding Manager PT TWC Ismiyati mengatakan dana usaha ini akan difokuskan sebagai pengembangan usaha untuk meningkatkan omzet para mitra binaan.

Selaras dengan tujuan BUMN pada 2022 yang diprioritaskan untuk peningkatan UMKM di Indonesia, PT TWC berkomitmen untuk mendampingi serta mendorong mitra binaan untuk naik kelas. Hal ini dilakukan dengan berbagai upaya, seperti penyaluran dana usaha, pelatihan dan mengikutkan pada pameran berskala nasional.

“Semoga dengan dana usaha yang disalurkan ini, para mitra binaan bisa mengembangkan usahanya. Pengembangan usaha bisa dilakukan dengan pengembangan produk untuk meningkatkan omzet penjualan yang akan berpengaruh pada kesejahteraan mitra binaan,” tutup Ismiyati.