download

PT TWC Dorong Pengembangan Produk Mitra Binaan

2 minutes

PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko berkomitmen untuk terus melakukan pembinaan dan pendampingan terhadap mitra binaannya. Melalui program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL), PT TWC berharap agar produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) terus berkembang dan bisa ikut berperan dalam membangun kemandirian dan kesejahteraan pelaku UMKM di Indonesia. Salah satu hal yang dilakukan adalah memberikan bantuan alat produksi kepada mitra binaan yang memiliki komitmen dalam mengembangkan produk usahanya ke depan.

Corporate Secretary PT TWC Emilia Eny Utari bersama Plt TJSL & SME Founding Manager Ismiyati beserta tim memberikan bantuan berupa alat produksi kepada salah satu mitra binaan Wedang Rempah Merapi, Jumat (1/3/2022). Bantuan diterima langsung oleh pemilik usaha, Yamik Tri Jarwani di kediamannya di Dusun Butuh, Siderojo, Kemalang, Klaten.

Bantuan peralatan produksi wedang rempah yang diberikan meliputi, satu unit Bosch Hot Gun, satu unit mesin giling tepung kopi, satu unit food dehydrator dan satu unit mesin segel plastik. Peralatan ini nantinya digunakan untuk mendukung proses produksi yang meliputi proses pengeringan, penggilingan dan pengemasan.

“Dari awal, memang semuanya kita kerjakan secara manual. Mulai menjemur jahe yang bergantung pada panas matahari, menghancurkan jahe, semuanya manual. Bantuan ini tentunya bisa membantu proses produksi lebih efektif dan efisien,” ungkap Tri Jarwani.

Selain itu, melalui peralatan yang diberikan TJSL TWC ini, dirinya juga sedang melirik peluang ekspor ke beberapa negara yang tingkat serapan pada produk jahe lokalnya tinggi. “Sebenarnya permintaan pada jahe murni sangat besar. Makanya saya minta alat pengering dan penggiling itu. Kalua jahe dan kunyit kering pangsa pasar India terbuka luas,” lanjutnya.

Wedang Rempah Merapi merupakan produk yang dikerjakan oleh para ibu rumah tangga di sekitarnya. Selain itu, bahan baku utama minuman tradisional ini pun juga didapat dari lahan-lahan subur yang berada di lereng Gunung Merapi. Selain Wedang Rempah Merapi, Tri Jawani juga memproduksi Sambal Korek Merapi yang bisa didapatkan di toko modern berjejaring di Klaten, Jawa Tengah.

“Ibu Tri Jawani sudah melakukan inovasi dengan memunculkan diversifikasi produk. Hal ini tentunya sangat baik dan perlu didukung dengan kemasan yang prima, artinya memenuhi standar dan harganya sesuai. Perlu dikembangkan, apalagi ibu juga memberdayakan lingkungan sekitar. TWC berharap semua mitra yang kita bina ini bisa berkembang dengan baik,” terang Emilia Eny Utari.