download

Peduli Lingkungan, PT TWC Ajak Masyarakat Tanam 500 Pohon di Lahan Kurang Produktif

2 minutes

PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko melalui program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) melakukan penanaman 500 pohon di Dusun Pandan Tempel, Desa Joho, Prambanan, Klaten, Jawa Tengah, Selasa (29/3/2022). Aksi yang dilakukan untuk memperingati Hari Air Sedunia ini diharapkan bisa turut mempertahankan kelestarian air tanah di sekitarnya.

Corporate Secretary PT TWC Emilia Eny Utari bersama Pj Head Auditor of Internal Widaryanti, Manager TJSL Ismiyati, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kabupaten Klaten, Kepala Desa Joho Yulis Tanto, Forkopimcam Prambanan serta elemen masyarakat yang terdiri dari Kelompok Wanita Tani, Karang Taruna, Pokdarwis dan Relawan Tanggap Bencana melakukan penanaman bersama di lahan seluas 1000 meter di bantaran Kali Randukucir, Joho, Klaten.

Pohon yang ditanam diantaranya ialah pohon alpukat aligator, gayam, kelapa genjah entok, sirsak dan beringin. Pemilihan jenih pohon ini disesuaikan karakteristik tanah serta kemanfaatannya bagi masayarakat di masa depan.

Kepala Desa Joho Yulis Tanto berterima kasih atas bantuan yang diberikan PT TWC ini. Pemerintah Desa Joho bersama seluruh elemen masyarakat berkomitmen untuk merawat dan melestarikan tanaman ini.

“Sudah asa rencananya untuk mengembangkan desa wisata di sini. Tanaman yang ditanam ini bisa menjadi embrio dari rencananya tersebut,” terangnya.

Yulis Tanto juga berharap bantuan ini bisa diperluas jangkauannya, mengingat di utara lokasi penanaman ini, terdapat mata air (belik) Jolontoro yang masih aktif diamnfaatkan 300 keluarga. Penanaman ini diharapkan bisa turut merawat dan menjaga kelestarian mata air alami yang ada di desanya.

“Semoga dengan penanaman ini bisa meraaat dan menjaga kelestarian mata air alami yang muncul di Desa Joho,” ungkapnya.

Corporate Secretary PT TWC Emilia Eny Utari menyatakan komitmennya untuk mendukung program penghijauan demi kelestarian alam dan lingkungan.

“Kita berharap tahun ini tidak hanya di desa Joho saja. Akan ada berapa titik yang bisa kurang lebih sekitar 3 ribu pohon yang tersebar di beberapa desa ya biar bisa memberikan manfaat bagi lingkungan,” ujarnya.