download

PT TWC dan PT INKA Kolaborasi Kembangkan Moda Transportasi Ramah Lingkungan bagi Destinasi Wisata

2 minutes

PT Taman Wisata Candi Borbudur, Prambanan dan Ratu Boko menggandeng PT INKA (Persero) mengembangkan moda transportasi ramah lingkungan di kawasan destinasi wisata. Hal ini dilakukan dengan melaksanakan penandatanganan Nota Kesepahaman Kerja Sama Pengembangan Moda Trasportasi Wisata di Kantor Pusat PT INKA (Persero), Minggu (27/3/2022).

Direktur Utama PT TWC Edy Setijono bersama Direktur Utama PT INKA (Persero) Budi Noviantoro menandatangani nota kesepahaman ini dengan disaksikan langsung oleh Wakil Menteri II Kementerian BUMN Kartika Wirjoatmodjo. Kerja sama ini diharapkan bisa menjadi penggerak tren penggunaan moda transportasi ramah lingkungan di kawasan destinasi wisata.

“TWC melakukan MoU dengan PT INKA khusus untuk pengembangan moda transportasi listrik di kawasan wisata. Ke depan kita berharap kolaborasi ini tidak di TMII ini saja, namun juga sebagai awal pengembangan moda-moda, baik di dalam kawasan wisata maupun membangun konektivitas antar destinasi wisata. Jadi ke depan, kita akan gmenggunakan moda-moda berbasis energi terbarukan,” terang Edy Setijono.

Tram Mover yang akan beroperasi di TMII ini berbentuk persegi panjang dan dinding berkaca lebar, sehingga penumpang bisa menikmati pemandangan dengan lebih leluasa. Desain terkesan minimalis dan modern dan didominasi dengan warna merah. Interior Tram Mover dilengkapi dengan kursi melingkar yang nyaman bagi pengunjung. Tram Mover ini nantinya akan beroperasi secara otomatis tanpa pengemudi yang dikendalikan melalui sistem Operation Control Center (OCC).

“Kendaraan Trem Mover ini kan sesuatu yang baru, baik secara teknologi maupun secara moda. Saya kira, nanti akan menarik perhatian. Terlebih saat ada delegasi G20, ini bisa menjadi sarana untuk menikmati indahnya TMII,” ujar Direktur Utama PT INKA (Persero) Budi Noviantoro.

Wakil Menteri II Kementerian BUMN Kartika Wirjoatmodjo mengatakan PT TWC sebagai BUMN yang bergerak di bidang pengelolaan destinasi wisata budaya dan cagar budaya kini telah bertransformasi. Pihaknya sangat mendukung sinergi antar-BUMN kali ini untuk kemajuan teknologi dan pengembangan energi terbarukan di Indonesia, khususnya di sektor wisata.