download

PT TWC Raih Penghargaan Stakeholder Relation Management dalam BCOMSS 2022

3 minutes

PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko meraih penghargaan untuk kategori Stakeholder Relation Management pada ajang BUMN Corporate Communications and Sustainability Summit (BCOMSS) peringkat ketiga dari Kementerian BUMN. Penghargaan diterima langsung oleh Direktur Utama PT TWC Edy Setijono di Istora Senayan, Jakarta, Rabu (23/3/2022).

Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi Kementerian BUMN kepada PT TWC sebagai BUMN pengelola destinasi wisata berbasis cagar budaya yang memprioritaskan usaha kolaborasi dan sinergi berbagai stakeholder untuk tercapainya tujuan bersama. Adapun dewan juri pada penghargaan ini antara lain Menteri BUMN Erick Thohir, praktisi media Najwa Shihab dan Staf Khusus III Menteri BUMN Arya Sinulingga.

Stakeholder menjadi perhatian penting bagi kami. Bagaimana menggaet seluruh stakeholder yang ada sehingga seluruh bisnis proses di perusahaan bisa menjadi lebih baik. Melalui penghargaan ini, kita berkomitmen untuk memberikan perhatian khusus serta terus menjalin relationship yang baik dengan seluruh stakeholder,” ungkap Edy Setijono setelah menerima penghargaan.

Pandemi Covid-19 yang melanda seluruh dunia turut berpengaruh terhadap dunia pariwisata di Indonesia. PT TWC menerapkan manajemen krisis untuk menyemai resiliensi di saat menghadapi pandemi. Salah satu hal yang dilakukan dengan berkolaborasi dan bersinergi dengan berbagai pihak mengembangkan pariwisata yang berkualitas.

“Pandemi menjadi tantangan tersendiri bagi TWC. Belum lagi, kami mendapat amanat dari negara untuk mengelola TMII dan menjadikannya destinasi yang berkelas dunia. Tantangan ini apabila dikelola dengan baik akan menciptakan peluang yang menjadi pijakan untuk terus berkembang. Peluang ini tentunya kita upayakan bersama dengan berbagai stakeholder terkait untuk menuju pemulihan pariwisata pascapandemi,” ungkap Edy Setijono.

Langkah strategis PT TWC dilakukan dengan kolaborasi pentahelix, baik dengan dunia akademisi, pemerintah, bisnis, media dan komunitas. Kerjasama serta kolaborasi antar stakeholder dilakukan untuk mendukung proses pemulihan industri pariwisata pascapandemi. Dalam mengembangkan destinasi yang berbasis cagar budaya, PT TWC juga menggandeng berbagai stakeholder terkait. Hal ini untuk mendorong terwujudnya destinasi yang berkelas dan mampu menghadirkan pariwisata yang berkualitas.

PT TWC berkolaborasi dengan Kementerian Agama, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Pemprov DIY dan Pemprov Jateng menghadirkan destinasi yang ramah bagi pengunjung yang ingin beribadah di kawasan TWC Borobudur maupun TWC Prambanan, Kolaborasi ini pun mendapat dukungan penuh pemerintah dengan menetapkan kedua warisan dunia ini sebagai destinasi wisata religi kelas dunia.

Pada revitalisasi TMII, PT TWC menggaet berbagai pihak untuk turut menghadirkan TMII sebagai The Ultimate Showcase of Indonesia’s Beauty. Revitalisasi yang didukung penuh oleh pemerintah ini dilakukan untuk menyambut perhelatan Presidenasi G20 Indonesia 2022. TWC juga menggaet sejumlah pemerintah kabupaten untuk bersinergi menghadirkan destinasi wisata yang berkualitas di masing-masing daerah. “Kami berkomunikasi lintas sektor dengan berbagai pihak. Seperti di Borobudur dan Prambanan, kami bersinergi dengan Kementerian Agama menghadirkan destinasi yang ramah terhadap pemeluk agama terkait dan menjadikannya tujuan wisata religi umat sedunia. Di TMII kami menggandeng sejumlah pihak untuk berkolaborasi merevitalisasi TMII dengan semangat baru. Semoga semangat ini bisa terus kita pertahankan untuk mencapai hasil yang ingin kita raih bersama,” tandasnya.