download

Kompetensi Cerdas Cermat K3 dan Safety Induction

2 minutes

Memperingati Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional pada 12 Januari hingga 12 Februari 2022, Dinas Tenaga Kerja & Transmigrasi Daerah Istimewa Yogyakarta mengadakan kompetisi cerdas cermat K3 dan Safety Induction yang diadakan sejak tanggal 28 Januari 2022 secara daring. Dari 14 perusahaan di DIY yang mengikuti kompetisi cerdas cermat K3 ini, terpilih 5 tim yang lolos ke babak grand final yang diadakan pada Kamis (3/2/2022) di Pendopo Sewu, kompleks Taman Wisata Candi Prambanan. Lima tim tersebut di antaranya dari PT Sarihusada Generasi Mahardhika (SGM), PT Eagle Glove Indonesia, RSU Mitra Paramedika, PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, & Ratu Boko, dan PT Tigaraksa Satria Tbk. Sedangkan untuk cerdas cermat safety induction, terpilih 4 tim yang lolos ke babak grand final, yakni dari PT Telkom Indonesia Tbk Witel Yogyakarta, PT Wika-Hutama Joint Operation Proyek Pembangungan Lot 3 Jembatan Kretek 2, PT Mitra Adijaya dan WIKA-WG KSO proyek Paket 1 UGM.

Mengutip pidato Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah dalam pidatonya saat memperingati Bulan K3 Nasional pada tanggal 12 Januari 2022, pelaksanaan K3 tidak hanya tanggung jawab pemerintah tetapi juga merupakan tanggung jawab semua pihak, khususnya masyarakat industri. Dengan demikian semua pihak terkait berkewajiban untuk berperan aktif sesuai fungsi dan kewenangannya untuk melakukan berbagai upaya di bidang K3 secara terus menerus dan berkesinambungan serta menjadikan K3 sebagai bagian dari budaya kerja, sehingga dapat mencegah kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja.

Selaras dengan hal tersebut, Kepala Bidang Pengawasan Ketenagakerjaan dan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Dinas Tenaga Kerja & Transmigrasi DIY Amin Subargus mengatakan kegiatan cerdas cermat dan safety induction sangat penting untuk membudayakan K3 di lingkungan kerja.

“Pengetahuan dan kognitif menjadi hal yang sangat penting serta didorong dengan perilaku dan penerapan di tempat kerja. Siapapun yang menang kami harapkan dapat memberikan semangat dan dorongan di tempat kerja masing-masing.” ujar Amin.