download

PT TWC Terima Kunjungan Industri SMKN 3 Jepara

2 minutes

Sebanyak 70 siswa-siswi SMK N 3 Jepara melakukan kunjungan industri ke kantor Unit Taman Wisata Candi (TWC) Prambanan, Klaten, Jawa Tengah, Selasa (11/1/2022). Rombongan disambut langsung oleh GM TWC Unit Prambanan Jamaludin Mawardi beserta Customer Experience Manager Sugiyanti, Operation Manager Sylvianti Ika Pratiwi dan Sales & Business Partnership Manager Dooski Sutanto.

Bertempat di Ruang Audio Visual Museum Prambanan, peserta kunjungan industri yang berasal dari jurusan Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran ini mendapat materi terkait manajemen serta aktivitas bisnis di PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko.

“Sebagai BUMN, kami dituntut menjadi excellent corporation dengan melaksanakan sistem administrasi yang dikelola secara baik serta transparan. Kalau dulu dengan sistem pencatatan secara manual, sekarang kami sudah digital,” terang Jamaludin Mawardi saat menyambut peserta kunjungan Industri.

Wakil Kepala Sekolah Hubungan Industri SMK 3 Jepara Saroni mengatakan bahwa kedatangan bersama siswa-siswi kelas 12 ini untuk belajar sistem administrasi di PT TWC. Dirinya berharap dengan kunjungan ini, peserta bisa berinovasi serta mengembangkan ilmu yang didapat.

“Walaupun setiap hari berkutat dengan komputer dan kertas namun kami berharap, mereka bisa berinovasi menciptakan karya-karya yang fenomenal, terutama di era sekarang ini,” ungkapnya.

Sementara itu, Operation Manager Sylvianti Ika Pratiwi menyampaikan materi terkait sistem administrasi yang diimplementasikan oleh PT TWC dalam aktivitas bisnisnya.

“Untuk semua proses perkantoran, kita sudah mulai digitalisasi. Kita terapkan ERP dan E-Office. ERP untuk proses terkait SDM, aset, Keuangan dan procurment sementara E-Office lebih kepada administrasi berbentuk surat,” ujarnya.

PT TWC sebagai perusahaan BUMN pengelola destinasi wisata berbasis cagar budaya memiliki fungsi sebagai agent of development, di mana perannya bisa menjadi mitra bagi sekolah, perguruan tinggi, maupun masyarakat untuk melaksanakan studi, kerjasama, magang dan kunjungan industri.

“Kami berharap kunjungan ini bisa memberikan gambaran nyata di industri. Adek-adek bisa melihat seperti apa yang dipraktikkan di perkantoran serta bisa disinkronasikan dengan apa yang dipelajari di sekolah,” tutup Jamaludin.