download

Prambanan Conference Peringatan 30 Tahun Candi Prambanan sebagai Warisan Budaya Dunia

2 minutes

PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko (Persero) berkomitmen untuk membuka diri dan berkolaborasi dengan semua pihak untuk mengembangkan kemanfaatan Candi Prambanan. Hal ini dikatakan langsung oleh Direktur Pemasaran dan Pelayanan PT TWC Hetty Herawati saat acara Sarasehan Peringatan 30 tahun Prambanan sebagai Warisan Budaya Dunia di Rama Shinta Garden Resto, Rabu (22/12/2021).

“Kami berkomitmen untuk meneruskan kolaborasi yang baik selama ini dan mendukung aktivitas dari masyarakat, keagamaan maupun konservasi. Banyak aktivitas yang bersumber dari Candi Prambanan dan melibatkan banyak stakeholder. Kami menyadari, Candi Prambanan akan terus hidup melalui adanya aktivitas-aktivitas tersebut,” terangnya.

PT TWC sebagai pengelola zona II Candi Prambanan, menerapkan manajemen, tata kelola serta produk dan pelayanan prima. Hal tersebut merupakan bentuk komitmen pada Outstanding Universal Value Candi Prambanan yang kelestariannya merupakan tanggung jawab semua pihak.

“TWC berperan memastikan OUV ini terjaga, baik dari sisi manajemen, CHSE, serta konten yang nilainya terepresentasikan, baik di produk maupun pelayanan. Kita kolaborasi antar stakeholder, masyarakat, pemerintah untuk kerjasama bahu membahu melestarikan nilai-nilai ini,” terusnya.

Kegiatan ini merupakan inisiasi Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Hindu Kementerian Agama Republik Indonesia bekerjasama dengan PT TWC. Prambanan Conference yang dilakukan secara hybrid ini, merupakan rangkaian dari peringatan 30 Tahun Candi Prambanan Sebagai Warisan Budaya Dunia.

Melalui tema Spreading Spiritual Values, from Indonesia to the World, Koordinator Staf Khusus Presiden RI, AGGN Ari Dwipayana menyampaikan bahwa Candi Prambanan adalah simbol peradaban bangsa Indonesia.

“Candi Prambanan adalah hasil buah pikiran dan karya ahli-ahli arsitektur Nusantara yang kemampuan penguasaan teknologi para leluhur bangsa Indonesia pada masanya,” ungkapnya yang hadir secara virtual.

Direktur Urusan Agama Ditjen Bimas Hindu Kementerian Agama Trimo mengatakan mendorong berbagai stakeholder terkait untuk lebih bersinergi dalam upaya menyebarkan pengembangan nilai spritual dan peradaban Hindu nusantara bagi dunia.

“Candi Prambanan memiliki nilai-nilai spritual yang luar biasa, untuk itu harus kita tunjukkan dan sebarkan agar nilai-nilai yang lahir dari spirit nusantara dapat menjadi inspirasi bagi dunia,” katanya.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno berharap agar pemanfaatan Candi Prambanan sebagai warisan budaya dunia juga memberi dampak positif pada masyarakat sekitar.

“Pemanfaatan Candi Prambanan sebagai warisan budaya dunia kita harapkan membawa dampak positif dari sektor budaya, ekonomi, dan sosial kepada masyarakat sekitar,” kata Sandiaga secara virtual.