download

PT TWC & ISI Yogyakarta Kolaborasi Hadirkan Program ‘Asah Talenta’ bagi Putra-Putri Pelaku Wisata di Borobudur

3 minutes

PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko (Persero) menggandeng Fakultas Seni Pertunjukan Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta menyelenggarakan program Asah Talenta bagi putra-putri di kawasan Borobudur, Magelang. Program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) PT TWC ini terlaksana berkat kolaborasi dengan program Kampus Merdeka, Merdeka Belajar ISI Yogyakarta.

“Kami dari ISI Yogyakarta mendukung program Asah Talenta PT TWC. Kegiatan ini bisa bersinergi dengan agenda perkuliahan mahasiswa terutama untuk mengimplementasikan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka,” terang Rektor ISI Yogyakarta Agus Burhan saat menghadiri jumpa pers di ISI Yogyakarta, Kamis (16/12/2021).

Kegiatan pendampingan selama 5 bulan, dari Agustus sampai Desember 2021 ini, ditujukan khusus bagi putra-putri pelaku wisata di kawasan Borobudur, seperti pengemudi becak, pengemudi VW wisata, kusir andong, pemandu wisata dan pedagang kios di kawasan Taman wisata Candi Borobudur.

PT TWC selaku BUMN pengelola destinasi wisata berbasis cagar budaya bertujuan untuk mendukung pariwisata di kawasan Borobudur. Melalui agenda kerja ini, PT TWC ingin ikut serta mengasah bakat talenta putra-putri di kawasan Borobudur.

“Program ini bertujuan mengasah talenta bakat anak, dari yang tadinya samar-samar dan belum mendapat asesmen dengan baik menjadi lebih mahir, lebih percaya diri yang nantinya akan lebih menambah nilai tambah bagi dirinya sendiri,” terang Direktur Utama PT TWC Edy Setijono.

Pendampingan Asah Talenta ini berjalan selama 5 bulan. Durasi pelatihan dilakukan 2-3 hari seminggu yang diadakan sore hari setelah pulang sekolah. Pelatihan yang dilakukan meliputi Seni Tari dan Seni Teater. Sementara pelatihan dilakukan di Youth Center, Rumah Dinas Borobudur serta di kampus ISI Yogyakarta.

“Kendala program ini karena dilakukan di saat pandemi. Dimulai dengan asesmen secara virtual, kemudian dilanjut latihan langsung di sejumlah tempat, termaksud ISI Yogya. Kami juga bertujuan untuk mengenalkan aktivitas kampus seni sehingga bisa memacu mereka untuk memiliki cita-cita sekolah yang tinggi,” lanjutnya.

Pelatihan selama 5 bulan ini akan diakhiri dengan presentasi karya dan pertunjukan seni bertajuk “Asah Asih Asuh Masuh Rerusuh”. Pagelaran yang rencananya dilakukan di Taman Lumbini, TWC Borobudur, Magelang, Minggu (19/12/2021), mendorong untuk belajar dengan saling mengasihi, saling mendukung untuk bisa membersihkan dan melawan kendala, bencana untuk bisa beraktivitas dan berkarya di masa pandemi.

PT TWC berharap melalui program Asah Talenta ini bisa mewarnai serta mendukung destinasi pariwisata, terutama bagi seni pertunjukan yang bercorak budaya di kawasan Borobudur. “Setelah pelatihan, kami harap mereka bisa mengajarkan pada teman teman lain, mengikuti sanggar lokal dan tidak menutup kemungkinan akan kita pentaskan di saat Borobudur buka atau di destjnasi wisata lokal lainnya, seperti balkondes. Kami berharap, pertunjukan ini bisa mendukung pariwisata di Borobudur,” tutupnya