download

PT TWC dan PT KBI Sinergi Hijaukan Kawasan Candi Prambanan

2 minutes

Direktur Utama PT Kliring Berjangka Indonesia (Persero) Fajar Wibhiyadi bersama Direktur Pemasaran dan Pelayanan PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (Persero) Hetty Herawati melakukan penanaman pohon bersama di Lapangan Siwa, kompleks Taman Wisata Candi (TWC) Prambanan, Yogyakarta, Jumat (3/12/2021).

Program sinergi Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) BUMN ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian terhadap keasrian lingkungan hidup, terutama di kawasan warisan budaya dunia Prambanan.

Puluhan pohon jenis Tanjung dan Sawo Bludru ditanam oleh stakeholder PT KBI serta PT TWC. Kegiatan ini dilakukan sesuai arahan Menteri BUMN Erick Thohir yang mewajibkan kepada semua BUMN untuk ikut serta dalam agenda menghijaukan Indonesia.

PT TWC selaku pengelola kawasan warisan budaya dunia yang terdiri dari puluhan hektar ruang terbuka hijau yang memiliki vegetasi flora yang beragam, juga mendapat dukungan PT KBI untuk mengelola sampah yang dihasilkan dengan menyerahkan tempat sampah serta mesin pencacah sampah organik.

Dirut PT KBI PT Fajar Wibhiyadi berharap apa yang dilakukan di kawasan Candi Prambanan ini dapat menjadi bagian dari upaya bersama dalam menjaga lingkungan, khususnya terkait peran Indonesia dalam penurunan emisi karbon dan mengurangi pemanasan global.

“Kami mengikuti arahan Menteri BUMN terkait program menghijaukan Indonesia ini. Meskipun dalam kegiatan usahanya KBI tidak mengeksploitasi alam, namun keberadaan kami sebagai BUMN tentunya membawa kami untuk turut berkontribusi menghijaukan Indonesia,” katanya.

Direktur Pemasaran dan Pelayanan PT TWC Hetty Herawati mengatakan di masa pandemi ini, PT TWC berkomitmen memastikan kenyamanan dan keamanan wisatawan terjaga di destinasi TWC. Hal ini diwujudkan menghadirkan lingkungan yang asri dan terjaga lingkungannya.

“Bulan Maret 2020 kami tutup, baru buka bulan Juni ini. Di masa pandemi ini, kami tidak sepenuhnya tutup. Kami terus bekerja untuk menjaga keasrian tamannya. Petugas kebersihan terus bekerja merawat taman di sini walau kami tutup. Hal ini bentuk komitmen kami dalam menjaga lingkungan,” katanya.