Sinergi BUMN Bangun Infrastruktur Penunjang Pariwisata di Kawasan DPSP Borobudur

3 minutes

PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko (Persero), PT Adhi Karya (Persero) Tbk, Perusahaan Umum (Perum) Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (AirNav Indonesia) dan Perum Perumnas berkomitmen mendukung kawasan Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP). Hal ini diwujudkan dengan peningkatkan fasilitas pendukung pariwisata di kawasan Borobudur.

Program Sinergi BUMN 2021 ini melaksanakan pembangunan Kiara Pandang di Puncak Duwet, Dusun Karang Tengah, Desa Ngadiharjo, Kecamatan Borobudur, serta penyediaan Drinking Fountain atau Kran Air Siap Minum (KASIM) di kawasan Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Sementara, PT TWC ditunjuk sebagai koordinator kerjasama ini.

“Ruang lingkup kerjasama ini adalah pelaksanaan dukungan kepada lima DPSP, salah satunya Candi Borobudur. Sinergi empat BUMN melalui program tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) bersepakat melengkapi fasilitas pelayanan di DPSP Candi Borobudur. Semoga hal ini bisa menunjukkan peran BUMN untuk terlibat dalam peningkatan pelayanan di Borobudur,” terang TJSL & SME Founding Manager PT TWC Bambang Sarwo Eddy saat penyerahan bantuan di halaman Museum Kapal Samudraraksa, Kompleks TWC Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Sabtu (4/9/2021).

Melalui program senilai Rp 190.500.000 ini diserahkan empat kran air siap minum (drinking fountain) kepada Plt GM TWC Borobudur Jamaludin Mawardi serta empat unit Kiara Pandang berukuran 2,5 meter persegi di Puncak Duwet, Borobudur, kepada Kepala Desa Ngadiharjo Wahyu Sariyanto.

Plt GM TWC Borobudur Jamaludin Mawardi berterimakasih kepada empat BUMN yang telah bersinergi untuk mendukung peningkatan pelayanan di DPSP Borobudur. Menurutnya, drinking fountain yang ditempatkan di sejumlah titik seperti area Kandang Gajah, Museum Kapal Samudraraksa, Museum Borobudur dan Information Center ini selaras dengan kebutuhan wisatawan yang berkunjung ke Candi Borobudur.

“Satu hal yang sangat positif dan bagus karena kebutuhan-kebutuhan inilah yang nanti dinikmati wisatawan dalam rangka experience di destinasi super prioritas ini. Sekarang mau cari air sudah mudah, kebutuhan air siap minum bisa dipenuhi di sepanjang jalur yang dilewati wisatawan,” ujarnya.

Kepala Desa Ngadiharjo Wahyu Sariyanto mengatakan bahwa bantuan ini mendukung warga untuk mewujudkan destinasi wisata baru di Puncak Duwet ini. Nantinya, destinasi alam ini akan dipasarkan ke dalam paket wisata di Balkondes Ngadiharjo.

“Saat ini warga saat antusias untuk membangun Puncak Dhuwet sebagai wisata baru. Semoga bantuan untuk wisata alam ini membawa Ngadiharjo lebih baik, lebih maju, membantu perekonomian warga sehingga warga bisa lebih sejahtera,” terangnya.

Manager CSR AirNav Indonesia Hermawansyah menambahkan bahwa BUMN terus berkomitmen untuk mendukung dan memberikan kontribusi yang bisa membangkitkan pilar-pilar sosial, ekonomi dan lingkungan yang berdampak pada kehidupan masyarakat di sekitar.

“Sudah menjadi komitmen kami akan berupaya terus memberikan kontribusi kepada masyarakat umumnya dan pada destinasi wisata pada khususnya. Semoga bantuan ini bisa memberikan multiplier effect kepada warga masyarakat sekitar,” imbuhnya