TWC – Kemenpora & KONI Bangkitkan Pariwisata Melalui Sport Tourism

2 minutes

Perwakilan KONI Pusat & Kementerian Pemuda dan Olahraga menyambangi Kantor Pusat PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, & Ratu Boko (Persero), Selasa (4/4/2021). Pertemuan tersebut membahas agenda kerjasama untuk event olahraga dengan tiga tema besar di antaranya sport tourism, sport industry, & sport science.

Direktur Lembaga Pengelola Dana dan Usaha Keolahragaan, Kementerian Pemuda dan Olahraga, Firtian Judiswandarta menyebut khususnya sport tourism merupakan gabungan dari berbagai unsur bidang.

“Event ini merupakan kolaborasi antara olahraga, tourism, dan budaya. Dalam event ini, yang paling utama bagaimana mengadakannya tanpa banyak kerumunan, dengan cara broadcast yang memadai,” jelas Firtian.

Sementara itu, dari jenis olahraga yang dipertandingkan, Sekretaris Umum KONI, Ade Lukman menerangkan pihaknya sudah mempersiapkan diri. Beberapa diantaranya ialah Pekan olahraga pantai nasional, pekan olahraga bela diri nasional, pekan olahraga indoor nasional dan Indonesia marathon.

“Kita akan mapping potensi yang ada di Taman Wisata Candi Borobudur, maupun Prambanan, kemudian kita carikan satu event yang tepat sasaran & tepat guna, harus ada legacy yang diberikan dari event itu,” terang Ade.

PT TWC sebagai pengelola destinasi wisata heritage menyambut positif adanya wacana sport tourism yang akan diadakan dalam waktu dekat. “Kami harap adanya sport tourism ini menjadi trigger bangkitnya dunia pariwisata.Kami siap menyediakan destinasi wisata yang aman,” tutup Direktur Utama PT TWC, Edy Setijono.