Menparekraf Dukung Program Twin World Heritage PT TWC

2 minutes

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Republik Indonesia mengapresiasi program Twin World Heritage yang diinisiasi oleh PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko (Persero) untuk mengenalkan destinasi wisata berbasis cagar budaya di Indonesia ke pasar internasional.

Twin World Heritage merupakan langkah untuk mengenalkan serta menaikkan awereness destinasi di Indonesia di mata dunia. Hal ini dikatakan langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno saat berkunjung ke Yogyakarta.

“Kita mendorong langkah PT TWC untuk mengenalkan destinasi wisata berbasis cagar budaya di Yogyakarta dan Jawa Tengah melalui program Twin World Heritage yang diinisiasi dan dieksekusi oleh PT TWC,” ujar Sandiaga saat melakukan pertemuan dengan Direktur Utama PT TWC Edy Setijono di kantor Badan Otorita Borobudur, Yogyakarta, Senin (26/4/2021).

PT TWC sendiri telah melaksanakan program Twin World Heritage sejak 2017 lalu. Beberapa destinasi yang telah masuk dalam program ini antara lain, Taj Mahal-Prambanan, Borobudur-Angkor Wat, Borobudur-Monastry Batalha, Portugal.

“Sementara beberapa masih dalam tahap penjajakan, seperti Borobudur dengan Český Krumlov di Ceko serta Borobudur dengan Machu Picchu Peru,” kata Edy Setijono menambahkan.

Twin World Heritage ini akan menyasar beberapa agenda, seperti kerjasama untuk meningkatkan pengunjung di masing-masing destinasi (market share), kerjasama promosi khususnya untuk digital marketing, kerjasama pertukaran dan sharing SDM serta joint exhibition di masing-masing destinasi.

“Kami ingin mensejajarkan destinasi warisan budaya di Indonesia terhadap beberapa destinasi unggulan di dunia. Hal ini kami nilai sangat efektif dalam menyasar target market yang ada, yaitu pecinta cagar budaya, untuk bisa berkunjung juga ke destinasi cagar budaya Indonesia, seperti Borobudur maupun Prambanan,” lanjut Edy Setijono.

Sementara itu, Sandiaga Uno mengungkapkan akan terus bersinergi dengan PT TWC, terlebih untuk mengembangkan destinasi wisata yang dikelola PT TWC. “Baru saja kami mendapat mandat langsung dari Presiden untuk mendorong Prambanan dalam event dan promosi,” lanjutnya.