PT TWC TINGKATKAN KEMATANGAN TATA KELOLA IT

2 minutes

PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko (Persero) berkomitmen untuk meningkatkan digitalisasi dalam tiap proses kerjanya. Hal ini juga berkaitan dengan penerapan prinsip-prinsip Good Corporate Governace (GCG) di perusahaan.

Guna mendukung hal itu, Direktorat Teknik dan Infrastruktur mengadakan Asesmen IT Maturity Level. Asesmen ini sesuai arahan dari Kementrian BUMN yang tertuang dalam surat nomor Per-02/MBU/2013 tentang Panduan Penyusunan Pengelolaan Teknologi Informasi BUMN.

Proses asesmen dimulai dari tanggal 30 Desember 2020 hingga 25 Februari 2021. Penilaian dilakukan oleh pihak ketiga, dalam hal ini PT Transforma Rekayasa dan Solusi menyatakan nilai IT Maturity Level Score PT TWC sebesar rata-rata 3,03.

Pelaksanaan Asesmen IT Maturity merupakan tolak ukur tingkat kematangan implementasi Tata Kelola TI berdasarkan Surat Menteri BUMN No. S-949/MBU/10/20 perihal Aspirasi Pemegang Saham/Pemilik Modal untuk Penyusunan Rencana Kerja dan Anggaran Perusahaan Tahun 2021 tertanggal 23 Oktober 2020 terkait kewajiban BUMN untuk melaksanakan asesmen IT Maturity Level oleh Pihak Independen minimal 2 tahun sekali terhitung tahun 2021.

Direktur Teknik dan Infrastruktur Mardijono Nugroho mengatakan bahwa proses digitalisasi wajib dilakukan untuk mendukung kinerja perusahaan.

“Tata kelola teknologi informasi dalam digitalisasi merupakan hal yang penting guna memberikan nilai tambah bagi bisnis perusahaan. Terutama bagi PT TWC selaku pengelola destinasi warisan dunia yang juga dituntut untuk ikut mengembangkan destinasi di Joglosemar melalui joint venture dengan berbagai pengelola destinasi, seperti Sam Po Kong di Semarang serta Keraton Yogya,” katanya.