UJI COBA PEMBUKAAN OPERASIONAL DENGAN PEMBATASAN PENGUNJUNG DI TAMAN WISATA CANDI (TWC) BOROBUDUR

3 minutes

PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko (Persero) melakukan uji coba pembukaan operasional kawasan Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Kamis (25/6/2020). Pembukaan ini dilakukan setelah melalui tiga tahap simulasi protokol kesehatan bebas COVID-19 yang telah dilaksanakan pada tanggal 10, 16 dan 18 Juni 2020 sehingga mendapat ijin untuk melaksanakan uji coba dimaksud dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Provinsi Jawa Tengah.
“Gubernur Jawa Tengah telah memberikan ijin uji coba pembukaan operasional di kawasan TWC Borobudur karena destinasi tersebut telah memenuhi persyaratan pembukaan kawasan wisata dengan melakukan simulasi penerapan protokol kesehatan standar New Normal sebanyak tiga kali. Kami sudah saksikan dan ikut secara langsung kegiatan tersebut yang berjalan dengan baik dan TWC telah menindaklanjuti feedback serta masukan-masukan dari para stakeholders serta pelaku wisata pada simulasi kedua dan ketiga. Diijinkannya uji coba pembukaan operasional dimaksud dengan melakukan pembatasan pengunjung maksimal 50 persen dari jumlah kunjungan normal” Terang Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Provinsi Jawa Tengah, Sinoeng N Rachmadi saat mengikuti press conference uji coba pembukaan operasional di kawasan TWC Borobudur, Rabu (24/6/2020).
“Taman Wisata Candi Brobudur sebagai destinasi super prioritas telah menerapkan standar protokol kesehatan dan menyatakan kesanggupan untuk memenuhi 7 prinsip protokol kesehatan yang telah kami tentukan sebagai syarat dalam pemberian ijin uji coba pembukaan operasional di kawasan tersebut. Saya melihat dan ikut langsung kegiatan simulasi uji coba penerapan standar New Normal tersebut sehingga saya memberikan ijin untuk PT TWC melakukan uji coba pembukaan operasional” Ujar Zaenal Arifin, Bupati Magelang dalam pelaksanaan press conference di Borobudur.
“Alhamdulillah kita sudah mendapatkan lampu hijau untuk uji coba pembukaan destinasi TWC dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 baik dari Provinsi Jawa Tengah maupun dari Kabupaten Magelang. Pembukaan ini kita lakukan dengan hati-hati. Kita tidak ingin gegabah. Kita lakukan pembatasan pengunjung. Selama masa uji coba pembukaan operasional ini, kita melakukan pembatasan pengunjung hanya 10 sampai 15 persen atau maksimal 1500 orang per hari yang pelaksanaannya akan dimonitoring oleh tim dari Pemerintah Derah. Kami berharap penerapan ini dapat menjadi percontohan dalam pelaksanaan protokol kesehatan di era New Normal Pariwisata ini.” Terang Direktur Utama PT TWC Edy Setijono saat melakukan press conference uji coba pembukaan operasional TWC Borobudur, Kamis (25/6/2020).
Untuk mengurai antrian pengunjung di loket, pembelian tiket secara langsung dibatasi sebesar
70 persen dan sisanya 30 persen dapat dilakukan melalui reservasi online di
ticket.borobudurpark.com Jam operasional TWC Borobudur selama masa uji coba pembukaan
operasional akan dimulai dari pukul 08.00 sampai 16.00 WIB. Dalam penerapan visitor
management ini, PT TWC akan bekerjasama dengan Balai Konservasi Borobudur terkait
dengan pengaturan kunjungan di Zona 1 Candi Borobudur.
Dengan dilakukan uji coba pembukaan operasional ini, PT TWC berharap dapat memberikan
dampak pada lingkungan serta menjadi barometer untuk bangkitnya industri pariwisata
Indonesia di tengah pandemi COVID-19.