Upacara HUT PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko ke 38

6 minutes

Upacara HUT PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko ( Persero ) ke – 38, We Care, We Share, We Change

PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko ( Persero ) hari ini Minggu 15 Juli 2018 genap berusia ke 38 tahun . Segenap karyawan PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko ( Persero ) hari ini melakukan upacara bendera di Kantor Pusat TWC dengan mengenakan budaya adat Jawa. Dalam upacara tersebut juga dilakukan pelepasan 38 merpati oleh direksi TWC. Selain itu juga dilakukan pemotongan tumpeng oleh direksi dan manajemen kemudian diberikan kepada perwakilan karyawan.

Dalam amanatnya, Direktur Utama PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko ( Persero ) Edy Setijono mengatakan usia 38 tahun adalah usia yang panjang dan matang bagi sebuah korporasi untuk mengelola perusahaan yang sudah banyak kemajuan yang dicapai oleh perusahaan sehingga sampai saat ini Taman Wisata Candi masih tetap eksis dalam usaha serta peningkatan perannya didalam pengembangan perusahaan dalam konteks BUMN.

Berikut amanat yang disampaikan oleh Direktur Utama PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko ( Persero ) Edy Setijono selaku Pembina Upacara.

Puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa pada hari ini dihari ulang tahun PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko ( Persero ) kita masih diberikan kesempatan untuk berkarya serta memberikan kontribusi positif bagi kemajuan bangsa dan Negara. Tahun 1980 tepatnya pada tanggal 15 Juli 1980 silam, PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko ( Persero )resmi berdiri menjadi bagian dari usaha pemerintah dalam turut serta melestarikan warisan budaya bangsa yang adiluhung.

Saat ini usia perusahaan genap sudah 38 tahun. Usia yang sudah panjang dan matang bagi sebuah korporasi untuk mengelola perusahaan yang tentunya sudah banyak kemajuan yang dicapai oleh perusahaan sehingga, hingga sampai saat ini Taman Wisata Candi masih tetap eksis dalam usaha serta peningkatan perannya didalam pengembangan perusahaan dalam konteks BUMN.

Diusia 38 tahun ini banyak hal telah kia usahakan. Banyak hal telah kita capai bersama dalam rangka mewujudkan target yang dibebankan oleh pemegang saham, serta peningkatan nilai – nilai perusahaan itu sendiri. Dibidang pemasaran dan pelayanan, terus membangun jaringan bisnis dan kerjasama secara professional dengan para pelaku wisata, lembaga terkait, sekolah – sekolah, para stakeholder dan wholesaler ditingkat dunia. Pelayanan juga terus ditingkatkan dengan penataan dan revitalisasi asset yang dimiliki perusahaan dengan dilaksanakannya berbagai kerjasama dengan para pihak untuk peningkatan pelayanan bagi wisatawan dan pembenahan serta penambahan fasilitas bagi wisatawan.

Penataan pedagang di Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko, merupakan usaha lain yang juga menjadi perhatian bagaimana kita membangun ekosistem kepariwisataan ditanah air yang bisa menjadi platform, bisa menjadi contoh bagi pengembangan destinasi wisata ditempat lain.

Bidang umum dan personalia melakukan upaya peningkatan kompetensi karyawan dengan diselenggarakannya berbagai diklat, beasiswa pendidikan, kursus maupun seminar yang akan menuju ke talenta professional karyawan – karyawan kita. Selain itu perusahaan juga telah beberapa kali meningkatkan kesejahteraan bagi karyawan .

Dibidang umum dan administrasi, penyempurnaan system dan penyederhaan birokrasi untuk mempercepat pengambilan keputusan juga sudah mulai dilakukan dengan pengembangan ERP yang ini bisa menjadi pendorong bagi peningkatan kinerja perusahaan dimasa yang akan datang.

Bidang pengembangan bisnis dan investasi, dengan rencana pengembangan beberapa investasi seperti Colomadu, Pengembangan Manohara Meditation and Study Center, Pengembangan Hotel Gejayan Jogjakarta, Pengembangan Taman Hanoman, Pengembangan Restaurant Ratu Boko dan Pengembangan Taman Alana serta usaha lain, dilakukan guna mencari terobosan baru serta pengembangan baru sehingga perusahaan ini kedepan tidak hanya bergantung pendpatan yang ada sekarang.

Dibidang CSR dan Bina Lingkungan saat ini perusahaan banyak melakukan kerjasama dengan pemerintah daerah khususnya pemda yang ada di wilayah tempat perusahaan beroperasi dengan mengembangkan beberapa program social kemasyarakatan dan pengembangan ekonomi kemasyarakatan yang salah satunya adalah pengembangan balkondes di 20 desa sekitar Borobudur yang sekarang menjaadi contoh ditingkat nasional.

Sektor pendidikan dan kesehatan juga menjadi program unggulan bagi CSR perusahan, salah satunya adalah telah berhasil dilakukan adalah Program Akselerasi Prestasi SIswa yang in juga menjadi model untuk pengembangan ditingkat yang lebih tinggi untuk dijadikan menjadi suatu program Sinergi BUMN.

Dalam usaha yang semakin dewasa, kita juga patut berbangga dengan prestasi yang dapat diraih PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko ( Persero ) hingga saat ini. Berbagai penghargaan bertaraf nasional maupun internasional telah kita raih dan tentunya ini menjadi sebuah motivasi untuk menjadikan TWC lebih baik dan semakin berprestasi dimasa yang akan datang.

Pada kesempatan yang berbahagia ini kami mengucapkan secara khusus terima kasih dan penghargaan kepada para pendahulu direksi, dan para karyawan yang telah purnakarya serta para stakeholder yang telah turut serta berjuang dan membesarkan nama PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko ( Persero ) sehingga menjadi korporasi yang membanggakan seperi sekarang ini kita nikmati.

Kami juga sampaikan terima kasih kepada seluruh karyawan yang masih aktif kami berpesan menghadapi era persaingan global kepariwisataan saat ini, kita tidak dapat lagi bergerak sendiri – sendiri dan sporadic. Sinergi dan kolaborasi adalah sebuah keniscayaan untuk mendorong kemajuan perusahaan dalam hal ini keberanian untuk melakukan terobosan – terobosan dan kemampuan menciptakan peluang – peluang sinergi dan kolaborasi, termasuk peluang sinergi dan kolaborasi sesame BUMN adalah menjadi kata kunci yang harus kita perhatikan. Upaya – upaya tersebut dipandang efektif daam upaya meningkatkan efisiensi biaya operasi, optimalisasi jaringan bisnis,mempermudah proses pengembangan karier sumber daya manusia serta meningkatkan daya saing bisnis dari PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko ( Persero ).

Oleh karena itu diusia ke 38 tahun ini, kita mengambil tema We Care, We Share, We Change. Kami berharap kita semua terus merapatkan kegiatan bersama, bersatu bergandengan tangan dan berkomitmen bersama untuk senantiasa peduli, berbagi dan berubah menjadi lebih baik, lebih unggul dalam rangka mewujudkan visi baru Taman Wisata Candi menjadi Indonesian Heritage Management Corporation. Proses pengembangan behavior transformasi harus selalu kita kembangkan Fokus profit sudah mulai harus kita arahkan kedalam focus tujuan.

Pengembangan model komunikasi hirarki harus kita kembangkan kedalam bentuk baru kouikasi network, komunikasi antar sesame. Proses controlling harus kita kembangkan kedalam bentuk baru dalam format empowering. Planning kita kembangkan dalam tujuan pengembangan experimentation. Proses transparansi juga harus mulai didorong sebagai sebagai bagian dari pengembangan behaviuor transformasi di PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko ( Persero )yang akan terus kita upayakan.

Sekali lagi kami selaku pimpinan mengucapkan terima kasi yang sebesar – besarnya atas peran serta seluruh karyawan dalam memajukan PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko ( Persero ) sampai prestasi yang bisa kita raih hari ini. Demikian yang dapat kami sampaikan. Ijinkan saya mengutip kata pepatah, “ Dunia kompetitif ini hanya punya dua kemungkinan, jika anda diam, anda akan gagal, jika anda ingin menang, anda harus berubah. Agar kita tetap eksis, maka kita perlu berubah. Karena perubahan akan menghasilkan kematangan, dan kematangan akan menciptakan diri kita menjadi lebih baik. Dirgahayu PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko ( Persero ) ke 38 . Semoga Tuhan Yang Maha Esa selalu mempermudah usaha kita.