Ricky SP Siahaan “ Kita Ingin Memberikan Kenyamanan Kepada Pengunjung”

2 minutes

Kunjungan wisatawan di Taman Wisata Candi Prambanan tampak mengalami peningkatan yang signifikan di musim ramai lebaran ini. Direktur Pemasaran dan Pelayanan PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko ( Persero ) Ricky SP Siahaan mengatakan telah berkoordinasi dengan kepolisian, dandim, dan juga pihak – pihak lainnya dari pemerintah propinsi maupun kabupaten.

“ Kita utamakan dulu masalah keamanan dan lalu lintas karena kita utamanya adalah ingin memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat yang berkunjung di destinasi yang kita kelola. Kita ingin memberikan sebuah keamanan, kenyamanan, dan juga ketenangan kepada para pengunjung. Oleh sebab itu di masing – masing unit kita melakukan koordinasi dengan pihak – pihak terkait. “ kata Ricky SP Siahaan.

Ricky juga menambahkan, TWC ingin memberikan hiburan – hiburan dan atraksi – atraksi di musim liburan ini kepada pengunjung karena libur lebaran kali ini adalah libur yang cukup panjang.

“ Kita mempersiapkan di masing – masing unit atraksi – atraksi di zona 2, dan juga diluar zona, agar masyarakat yang berbondong – bonding masuk bisa kita lakukan semacam visitor management. Sehingga tidak membludak naik ke candi. Dengan banyaknya atraksi, maka pengunjung tidak bersamaan naik ke candi. Ini juga bagian dari preservasi atau pelestarian dari candi yang sangat kita jaga karena ini adalah warisan budaya dunia. ” tambah Ricky SP Siahaan.

Sementara itu General Manager Taman Wisata Candi Prambanan Aryono Hendro mengatakan bahwa H + 2 diharapkan adalah puncak kunjungan wisatawan.

“ Ini kita seperti pelayanan hari kemarin. Harapan kita hari ini adalah puncak kunjungan wisatawan di Candi Prambanan. Seperti tahun kemarin puncak kunjungan adalah di H + 2. Kita layani semua dengan beberapa kegiatan, di sisi utara itu ada kebudayaan dari Kepulauan Nias, ada kampong dolanan anak, serta bisa foto – foto di spot yang sudah kita sediakan, turun ada banyak hiburan maupun arena bermain untuk anak – anak. “ kata Aryono Hendro.

“ Untuk tingkat kunjungan wisatawan, pada hari H – 1 itu ada di angka 4. 000, pada hari H itu diangka 7. 000, sementara hari H + 1 itu ada diangka 17. 326 wisatawan. Hari ini kita harapkan meningkat diangka 20. 000 – an. Harapan kami dalam 2 minggu ini bisa 200. 000 wisatawan bisa berkunjung ke Candi Prambanan. “ tambah Aryono Hendro.

“ Sampai dengan saat ini tidak ada laporan – lapporan kejahatan di Prambanan ini. Untuk lalu lintas, dititik krusial lalu lintas di Jalan Jogja Solo terurai karena kita memanfaatkan parkir cadangan yang lebih representative, lebih luas dan pelayanan akan lebih cepat. “ pungkas Aryono Hendro.