Promosikan Borobudur, Menlu Retno .M Ajak Menlu Thailand Kunjungi Borobudur

2 minutes

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi hari ini Jumat 6 Juli 2018 bersama dengan Menteri Luar Negeri Thailand Don Pramudwinai berkunjung ke Taman Wisata Candi Borobudur. Hal ini adalah bagian dari upaya untuk mempromosikan pariwisata Indonesia khususnya destinasi wisata Candi Borobudur ke dunia internasional, salah satunya ada Thailand.

“ Baru saja selesai pertemuan bilateral dengan Menteri Luar Negeri Thailand and delegasi di Jogjakarta, dan pada kesempatan ini juga saya ingin mengajak beliau untuk melihat Borobudur, karena kan penduduk Thailand beragama Buddha dan Borobudur adalah temple Buddha yang paling besar dan kebetulan kita sedang focus untuk menggarap kerjasama tourism. Jadi bagaimana kita mensinergikan termasuk promosi pariwisata antara Indonesia dengan Thailand. Jadi misalnya turis yang datang ke Indonesia juga bisa datang ke Thailand ataupun sebaliknya. Jadi dalam rangka menggarap promosi pariwisata bersama ” Kata Menlu RI Retno Marsudi.

Retno Marsudi juga mengatakan bahwa bentuk kerjasama promosi pariwisata ini bisa bermacam – macam.

“ Tadi di atas ketemu dengan banyak sekali turis dari Thailand. Jadi sekali lagi adalah dalam rangka mempromosikan Borobudur sebagai destinasi wisata baik untuk masyarakat Thailand local ataupun turis asing yang datang. Kita punya 10 New Bali dan kita juga punya Bali. Tetapi yang sangat dekat dengan kultur, dengan kepercayaan mereka kan Candi Borobudur karena mereka beragama Buddha. Tentu bentuknya macam – macam. Bisa wisata religi, bisa dipaketkan dalam 1 paket. Oleh karena itu saya membawa Menteri Luar Negerinya dan Delegasi dari berbagai macam instansi untuk secara langsung melihat Borobudur. “ tambahnya.