Keraton Ratu Boko, Kemegahan di Bukit Penuh Kedamaian

2 minutes

Keraton Ratu Boko, Kemegahan di Bukit Penuh Kedamaian, Tempat Terbaik Untuk Menyaksikan Sunset

Keraton Ratu Boko adalah sebuah bangunan megah yang dibangun pada masa pemerintahan Rakai Panangkaran, salah satu keturunan Wangsa Syailendra. Keraton yang awalnya bernama Abhayagiri Vihara (berarti biara di bukit yang penuh kedamaian). Berada di istana ini, anda bisa merasakan kedamaian sekaligus melihat pemandangan kota Yogyakarta dan Candi Prambanan dengan latar Gunung Merapi.

Keraton ini terletak di 196 meter di atas permukaan laut. Areal istana seluas 250.000 m2 terbagi menjadi empat, yaitu tengah, barat, tenggara, dan timur. Bagian tengah terdiri dari bangunan gapura utama, lapangan, Candi Pembakaran, kolam, batu berumpak, dan Paseban. Sementara, bagian tenggara meliputi Pendopo, Balai-Balai, 3 candi, kolam, dan kompleks Keputren. Kompleks gua, Stupa Budha, dan kolam terdapat di bagian timur. Sedangkan bagian barat hanya terdiri atas perbukitan.

Sebagai sebuah bangunan peninggalan, Keraton Ratu Boko memiliki keunikan dibanding peninggalan lain. Jika bangunan lain umumnya berupa candi atau kuil, maka sesuai namanya istana ini menunjukkan ciri-ciri sebagai tempat tinggal. Itu ditunjukkan dari adanya bangunan berupa tiang dan atap yang terbuat dari bahan kayu, meski kini yang tertinggal hanya batur-batur dari batu saja.

Telusurilah keraton ini, maka anda akan mendapatkan lebih banyak lagi, salah satunya pemandangan senja yang sangat indah. Banyak yang mengatakan bahwa tempat ini adalah tempat terbaik untuk menyaksikan matahari terbenam atau sunset.

Dimusim libur Lebaran kali ini, ada berbagai kesenian yang digelar untuk menyambut para wisatawan. Gejog Lesung, cokekan, akustikan, karawitan cilik. Selain itu juga ratusan caping menghiasi Keraton Ratu Boko,akan menjadikan foto – foto liburan sahabat wisata semakin unik dan keren.