Taman Wisata Candi, BPCB DIY & 600 Siswa SMA Gelar Bersih Candi Prambanan

3 minutes

Untuk merayakan World Heritage Day 2018, BPCB DIY dan PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko ( Persero ) bersama dengan 600 siswa SMA sekitar Prambanan melakukan kegiatan bersih candi. Kegiatan ini merupakan upaya mengkampanyekan pelestarian cagar budaya kepada generasi muda saat ini.

“ Setiap tahun semua situs warisan dunia dirayakan oleh semua masyarakat dunia dalam Hari Warisan Dunia. Hari ini kita merayakan di Prambanan. Saya titip pesan kepada adik – adik semua, bahwa pelestarian situs warisan dunia adalah tanggung jawab kita bersama. Tidak hanya tanggung jawab dari bapak – bapak dan ibu – ibu pengelola situs ataupun pemerintah tapi semua, tanggung jawab kita bersama. “ kata Perwakilan UNESCO Dyana Setyawati.

“ Adik – adik ini adalah generasi penerus yang nantinya juga akan menentukan upaya – upaya pelestarian dimasa yang akan datang. Apalagi tema hari ini adalah Heritage for Generation. Situs warisan dunia ini adalah milik kita semua untuk diwariskan ke generasi selanjutnya. Saya sangat mengapresiasi untuk BPCB DIY, BPCB Jateng dan Taman Wisata Candi yang selama ini telah mengelola situs warisan dunia Unesco bekerjasama bahu membahu bersama masyarakat.” Tambah Dyana Setyawati.

Sementara itu Kepala Balai Pelestarian Cagar Budaya DIY Ari Setyastuti mengatakan,” Hari ini kita memperingati Hari Warisan Dunia 2018 sebetulnya tepat tanggal 18 Aprl, tetapi kita ada beberapa kegiatan di Borobudur dan juga di Prambanan. Untuk di Prambanan ini dilakukan tanggal 25 April, kita juga melibatkan 600 siswa disekitar Prambanan, SMAN 1 Kalasan, SMKN 1 Kalasan dan SMA 1 Prambanan. Mereka memang kita libatkan karena selama ini memang kita mengajak sekolah – sekolah dikawasan sekitar Prambanan ini menjadi kader – kader pelestari cagar budaya dan kita bentuk Saka Widya Budaya. Mereka itu nanti akan menularkan, mempromosikan dan mengkampanyekan pada generasi muda yang lain untuk lebih mencintai warisan budaya dan ikut serta melestarikan, mengembangkan dan memanfaatkan warisan budaya yang kita cintai khususnya Candi Prambanan.”

Ari Setyastuti mengharapkan melalui kegiatan ini para siswa dapat mengambil nilai – nilai luhur yang ada dikawasan ini.

“ Siswa kita ajak kerja bakti dan nanti juga berkeliling ke candi – candi sekitar Prambanan, ke Candi Lumbung, Bubrah dan Sewu dan juga dari kegiatan ini para siswa dapat mengambil nilai – nilai luhur yang ada dikawasan ini. Nilai – nilai disiplin, kerja keras, kreatif, inovatif daan juga tentu saling gotong royong. Nilai gotong – royong itu juga menjadi nilai yang sangat perlu diimplementasikan dalam kehidupan sehari – hari anak muda sekarang ini sehingga Negara kita Negara kesatuan yang besar karena kerukunan itu.” Kata Ari Setyastuti.

GM Unit Prambanan Aryono Hendro mengajak untuk generasi muda dapat bersama – sama mencintai dan melestarikan cagar budaya.

“ Kita dalam rangkaian World Heritage Day ini ada beberapa kegiatan, terutama kemarin sudah diadakan di Borobudur, dan saat ini salah satunya dalam entuk kerja bakti bersama siswa. Ini merupakan salah satu rangkaian. Ini adalah kegiatan yang kita support oleh Taman Wisata Candi ( TWC ). Kami sebagai pengelola sangat senang dengan kegiatan ini salah satunya adalah generasi muda kita mendapatkan pelajaran untuk mencintai warisan budaya dunia yang kita miliki.Ini akan menumbuhkan rasa kebanggaan bagi mereka dan tentunya ada nilai – nilai yang mungkin nanti bisa dipetik dari pelajaran ini seperti kedisiplinan maupun ilmuu pengetahuan yang ada di Candi Prambanan ini. Marilah kita bangga dengan World Heritage yang kita miliki. Kemudian marilah kita bersama – sama mencintai dan tentunya turut melestarikan warisan ini serta memanfaatkan untuk kepentingan bersama bagi kemakmuran masyarakat. “ kata Aryono Hendro.