Pengajian Rutin Ahad Pagi Khoiru Ummah Bulan Mei

2 minutes

Pengajian Rutin Ahad Pagi Khoiru Ummah yang di prakasai PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko (Persero) bersama takmir-takmir masjid sekitar Taman Wisata Candi hari ini Minggu, 06 Mei 2018 menggelar pengajian menyambut bulan suci Ramadhan 2018.

Pengajian yang di gelar di lapangan Rakai Pikatan depan Kantor Pusat PT Taman Wisata Candi Borobudur,Prambanan & Ratu Boko kali ini mengahdirkan Ustadjah Hj . Sri Sumiasih SPI M.Pd dengan dihadiri kurang lebih 600 jemaah yang berasal dari sekitar lingkungan Kantor Taman Wisata Candi.

Dalam khutbahnya Ustadjah Hj. Sri Sumiasih SPI MPd menuturkan “Kita semuanya mulai bertaqwa kepada Allah, berimanlah kita kepada Allah, apakah kita sudah merencanakan, mempersiyapkan untuk esok nanti, mintalah panjang umur yang bermanfaat barokah untuk ibadah, jadilah kalian orang-orang alim, majelisnya Allah, hari inilah kita mempersiyapkan untuk itu semua.

lebih lanjut Ustadjah berpesan “Jalankan semua perintah Allah, Jauhi larangan Allah, Berimanlah kepada Allah, Zikirlah yang banyak kepada Allah, banyaklah beristifar, untuk mencapai kesuksesan haruslah berjiwa tobat.

Jiwa Muraqabah merupakan salah satu sifat yang harus dimiliki oleh seorang muslim. Karena dengan muraqabah inilah, seseorang dapat menjalankan ketaatan kepada Allah SWT dimanapun ia berada, hingga mampu mengantarkannya pada derajat seorang mu’min sejati.

Jiwa muhasabah merupakan instropeksi diri sendiri, sudah sepantasnya dalam beramal kita harusbermuhasabah. Apakah beramal kita harus bermuhasabah, apakah amalan yang kita lakukan itu sudah benar ataukah tercampuri dengan hal yang lain.

Selain itu Ustadjah juga menuturkan ada empat hal di dalam menghadapi Ramadhan. Persiapkan diri kita dengan persiapan Ma’nawiyah (spiritual)
Persiapan ma’nawiyah bisa dilakukan dengan memperbanyak ibadah sebelum Ramadhan tiba, seperti memperbanyak puasa sunnah, membaca Al-Qur’an, berdo’a, berdzikir dan lain-lain.

Persiapan Fikriyah (akal)
Persiapan fikriyah dapat dilakukan dengan mendalami ilmu, khususnya ilmu yang berkaitan dengan ibadah Ramadhan, dan lebih khusus lagi ilmu yang terkait dengan puasa, agar memiliki wawasanyang benar tentang Ramadhan dan puasa Ramadhan, hingga nantinya ketika menjalani ibadah Ramadhan dapat melakukannya dengan optimal dan dapat meraih hasil yang maksimal.

Persiapan Jasadiyah (fisik)
Persiapan jasadiyah dapat dilakukan dengan menjaga kesehatan, diantaranya dengan cara berolahraga, menjaga kebersihan rumah dan lingkungan, dan hanya mengkonsumsi makanan dan minuman yang halal, sehat dan menyehatkan. Ini penting karena rangkaian ibadah yang telah terformat selama Ramadhan hanya akan bisa dilaksanakan dengan optimal oleh orang yang memiliki kesehatan prima.

Dan persiapan Maliyah (materi)
Persiapan maliyah bisa dilakukan dengan menabung sebagian harta kita sebagai bekal berinfaq selama Ramadhan