Dirut TWC Berikan Semangat, Motivasi Untuk Pengembangan dan Pemberdayaan Warga Desa Gunung Ampo Klaten

2 minutes

Dirut TWC Berikan Semangat, Motivasi Untuk Pengembangan dan Pemberdayaan Warga Desa Gunung Ampo Klaten

Direktur Utama PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko (Persero) Edy Setijono memberikan semangat, motivasi untuk pengembangan dan pemberdayaan kepada warga Dusun Gunung Ampo, Kemudo, Prambanan Klaten.

Penyemangat dan motivasi ini di sampaikan dalam acara musyawarah bersama antara Management PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko dengan warga Gunung Ampo di Balai RW Dusun Gunung Ampu, Kemudo, Prambanan Klaten Pada Rabu (02/05/2018). Sore

Dengan terciptanya musyawarah bersama ini berawal dari warga Gunung Ampo melakukan kunjungan study banding ke Glintung Go Green pada tanggal 1-2 Desenber 2017 tahun lalu, sehingga melakukan program percepatan kerja antara lain kelompok kerja bidang kebersihan, pemberdayaan potensi masyarakat.

Dalam Musyawarah bersama Edy Setijono mencotohkan pengembangan dan pemberdayaan masyarakat yang ada di kampung Glintung Go Green dikenal sebagai Kampung Konservasi Air, Wonosobo di kenal dengan Carica, bukan hanya tanaman caricanya saja, tetapi juga Carica pasca panen yang berupa olahan seperti manisan, kripik yang semuanya berbahan dasar Carica dan Balai Ekonomi Desa (Balkondes) Borobudur Magelang. Edy juga mengatakan bahwa positioning dan identitas Desa itu penting dan harus dikomunikasikan ke masyarakat luas, masyarakat perlu menentukan Desanya, Dusun Gunung Ampo, Kemudo Prambanan ini ingin dikenal sebagai apa.

Selain itu Edy juga mendukung dengan adanya program ini dan mengajak masyarakat meluruskan niatnya seperti membersihkan kali purba tujuannya bukanlah agar banyak orang datang ke kali purba, karena jika demikian maka ketika tidak ada lagi orang yang berkunjung, Desa dan kegiatannya akan mati, tetapi jika kebersihan Kali Purba menjadi kebutuhan bagi masyarakat setempat, maka masyarakat akan selalu berusaha menjaga kebersihannya.

Sementara itu Hermawan Kristanto Kepala Desa Kemudo mengatakan, masyarakat Dusun Gunung Ampo Desa Kemudo sejauh ini terus bergotong-royong dan bergerak menata desanya guna memaksimalkan potensi desa, khususnya terkait konservasi air dan penghijauan.

Sementara itu Sugito Ketua RW melalui paparannya menyampaikan rencana kerja dan proses yang telah dilaksanakan di Desa Kemudo, terkait pemetaan dan penataan lingkungan guna mencapai program yang sudah di canangkan.