TWC Gandeng Gus Nas dan Beberapa Artis Baca Puisi di Prambanan dan Borobudur

2 minutes

World Heritage Day 2018, TWC Gandeng Gus Nas dan Beberapa Artis Baca Puisi di Prambanan dan Borobudur

PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko ( Persero ) berkolaborasi dengan Gus Nas dan beberapa artis mengadakan kegiatan baca puisi untuk memaknai World Heritage Day 2018. Kegiatan baca puisi ini dilakukan di Prambanan dan Borobudur. Hal ini disampaikan oleh VP Strategi Bisnis dan Pengembangan SDM Pujo Suwarno.

“ Pada hari ini Senin 16 April 2018,ini merupakan rangkaian dari World Heritage Day, Gus Nas dengan beberapa artis akan mengadakan kegiatan baca puisi baik yang ada di Prambanan dilanjutkan di Borobudur. Ini sebagai suatu bagian dari seniman didalam mengangkat keberadaan cagar budaya yang kita miliki. Agenda hari ini beliau perform di Prambanan dan besok di Borobudur untuk sunset dan sunrise di Borobudur. Hari ini sunset di Prambanan. Ini sebagai suatu komitmen TWC didalam mengangkat heritage yang kita banggakan ini bahwa seniman kita rangkul, mereka bisa melakukan suatu kegiatan budaya dan ini sebagai bagian dari memperkenalkan suatu potensi suatu cagar budaya yang sudah kita kembangkan selama ini.” Kata Pujo Suwarno.

Kedepan direncanakan kegiatan ini akan dilaksanakan dibeberapa candi lainnya dengan mengikutsertakan beberapa seniman untuk terlibat didalamnya.

“ Untuk kegiatan ini ada beberapa patung yang dibawa. Beberapa patung tadi sebagai salah satu karya Pak Pujianto, seniman dari Jogja dan kalau kita lihat karyanya realis, dan ini menjadi aksesoris yang cantik di beberapa bagian yang ada di panggung nanti. Tadi dalam diskusi kita sempat bicara terkait dengan seniman yang dilibatkan, kemudian situs – situs cagar budaya yang nantinya akan dimanfaatkan untuk kegiatan budaya, kegiatan membaca puisi. Kalau sekarang ini baru beberapa candi, baru Borobudur, Prambanan lalu candi Sukuh, kedepan nanti aka nada candi – candi yang lain seperti Candi Dieng ini juga akan dijadwalkan termasuk keterlibatan seniman – seniman juga bisa lebih banyak lagi. Bahkan tadi beberapa pejabat Kementerian BUMNpun juga banyak sekali yang apresiasi terhadap pembacaan puisi.” Tambah Pujo Suwarno.

Dengan kegiatan baca puisi ini diharapkan kedepannya dapat mencapai skala internasional.

“ Tadi baru dibicarakan konteksnya Jawa Tengah – DIY. Nantinya tidak menutup kemungkinan beberapa daerah diajak. Gus Nas prinsipnya tadi mengajak kita untuk kolaborasi ini untuk kedepannya bisa ditingkatkan lagi. Dan nantinya skalanya nasional bahkan mungkin internasional. “ pungkas Pujo Suwarno.