Menteri BUMN Melepas Start Mandiri Jogja Marathon 2018

2 minutes

Mandiri Jogja Marathon 2018, Rini Soemarno,” Ini bagus sekali, sangat meningkatkan awareness masyarakat terhadap Prambanan”

Sebanyak 8.000 pelari mengikuti Mandiri Jogja Marathon (MJM) 2018. Selain pelari nasional, juga ada pelari dari 22 negara yang ikut acara olahraga ini di kawasan Candi Pramanan, Minggu 15 April 2018.

Pelari 22 negara yang ikut antara lain dari Malaysia, Jepang, Kenya, Brunei Darussalam, Irlandia, India, China, Brasil, Singapura, Filipina, dan Australia.Beberapa kategori dalam lomba lari ini yaitu full marathon (42,195 kilometer), half marathon (21 kilometer), 10 kilometer, dan 5 kilometer. Total hadiahnya Rp 746 juta.

“ Saya rasa ini bagus sekali. Tahun ini pesertanya meningkat, jadi itu menunjukkan bahwa sudah mulai dikenal secara nasional maupun internasional. Saya rasa ini bagus sekali. Juga program ini antara Mandiri bersama dengan TWC ( Taman Wisata Candi ) ini sangat meningkatkan juga awareness masyarakat mengenai Prambanan” kata Menteri BUMN Rini Soemarno.

Dalam kesempatan ini Rini Soemarno juga mengikuti lari 5K setelah sebelumnya juga mengikuti sesi half marathon bersama dengan sejumlah pejabat Bank Mandiri dan TWC ( Taman Wisata Candi ).

“ Ini adalah event tahunan yang diselenggarakan oleh Bank Mandiri bekerjasama dengan TWC ( Taman Wisata Candi ), ini menjadi bagian dari upaya kita untuk mengenalkan Candi Prambanan ke masyarakat secara lebih luas dan kita lihat alhamdulillah hari ini hampir 8.000 peserta ikut ambil bagian dalam marathon run ini. Ini kegiatan yang baik dan Insya Allah akan menjadi event tahunan. Harapannya peserta yang sekarang ikut bisa mengkomunikasikannya kepada komunitas – komunitas pelari baik yang 5K, 10K, Half Marathon maupun yang Full Marathon. Tahun depan mereka bisa ikut lagi di Mandiri Jogja Marathon ini. Rute yang dipilih juga bagus sekali karena melewati pedesaan, udara dan suasanya masih sangat segar.“ demikian disampaikan oleh Direkyur Utama PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko ( Persero ) Edy Setijono.

Penyelenggaraan Mandiri Jogja Marathon tahun ini juga mengangkat dan mempromosikan kekayaan budaya serta produk lokal. Tujuannya memacu pengembangan pariwisata dan pertumbuhan ekonomi Yogyakarta dan sekitarnya.Untuk start dan finis dilakukan di sekitar utara Ramayana Prambanan. Rute yang ditempuh melalui 9 desa melewati areal persawahan dan candi yang sangat menarik dan menjadi pengalaman baru bagi para pelari.