Menteri Agama Hadiri Upacara Tawur Agung di Prambanan

2 minutes

Tawur Kesanga di Candi Prambanan, Menteri Agama RI,” Selamat Hari Suci Nyepi Tahun Baru Saka 1940 kepada seluruh umat Hindu dimanapun berada”

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengucapkan Selamat Hari Suci Nyepi Tahun Baru Saka 1940 kepada seluruh umat Hindu dimanapun berada. Hal ini disampaikan dalam Upacara Tawur Kesanga di Candi Prambanan Jumat 16 Maret 2018.

“ Saya mengucapkan Selamat Hari Suci Nyepi Tahun Baru Saka 1940 kepada seluruh umat Hindu dimanapun berada. Semoga atas lindungan Tuhan Yang Maha Esa umat Hindu akan memperoleh penyadaran dan pencerahan serta menemukan kebahagiaan dan kesucian lahir batin. Dalam kesempatan yang membahagiakan ini saya menyampaikan salam hormat dan salam bahagia kepada segenap umat Hindu , semoga melalui ritual sakral ini umat Hindu dimanapun berada akan memperoleh kedamaian, kebahagiaan dan kesejahteraan lahir batin.” Kata Lukman Hakim Saifuddin.

Dalam acara yang dihadiri oleh ribuan umat Hindu ini, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin juga menekankan penting dan stratregis serta sangat relevannya tema acara kali ini untuk memantapkan kembali soliditas bangsa melalui toleransi, kerukunan dan tepo seliro demi tetap tegaknya NKRI.

“ Melalui tema “ Melalui Catur Brata Penyepian Kita Tingkatkan Soliditas Sebagai Perekat Keberagaman Dalam Menjaga Keutuhan NKRI” ini menurut saya sangat penting dan stratregis serta sangat relevan dalam upaya kita memantapkan kembali soliditas bangsa melalui toleransi, kerukunan dan tepo seliro demi tetap tegaknya NKRI. Tema perayaan Nyepi tahun ini saya kira sangat tepat untuk digaungkan secara lebih luas karena selain sejalan dengan salah satu misi Kementerian Agama, yaitu memperkokoh kerukunan umat beragama,juga sebagai perisai yang kokoh untuk mengantisipasi munculnya peristiwa intoleransi yang bertujuan memecah belah harmonisasi kehidupan berbangsa dan bernegara kita baik melalui tindakan anarkis maupun penyebaran ujaran kebencian dan berita bohong atau hoax.” terang Lukman Hakim Saifuddin.