Kick Off 2018 PT. Taman Wisata Candi

3 minutes

Kick Off PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko 2018, Dirut Edy Setijono, “ Improvisasi dan Inovasi Harus Dilakukan Menghadapi Perubahan Bisnis Yang Sangat Kompleks.”

Bertempat di Gedung Trimurti Ramayana Prambanan, Kamis 15 Maret 2018, berlangsung acara Kick Off PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko 2018. Acara Kick Off ini dipimpin langsung oleh Direktur Utama PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko Edy Setijono.

“ Ada beberapa hal yang ingin saya sampaikan terkait dengan proses transformasi yang harus kita lakukan. Kita sekarang ada di turbulensi ekonomi yang sangat luar biasa, sejalan dengan mulainya revolusi industry dimana kemajuan teknologi menjadi satu hal yang sangat – sangat mempengaruhi kita semua. Ini tidak hanya untuk korporasi secara keseluruhan tetapi kepada setiap individu didalam setiap korporasi, kalau sebelum – sebelumnya korporasi itu mengandalkan pada system, sekarang korporasi itu mengandalkan kepada person. Kemampuan individu itu menjadi sangat utama. “ kata Edy Setijono.

Menurut Edy Setijono perubahan dilingkungan bisnis menjadikan persaingan menjadi sangat kompleks. Bisnis tidak lagi berjalan as ussual. Bisnis itu sekarang berjalan dengan unik.

“ Dua hal yang mempengaruhi perubahan di lingkungan bisnis. Yang pertama terkait dengan destruction technology dimana tekhnologi hadir diantara kita tapi kemudian technologi ini kemudian menguasai system perbisnisan kita. Misalnya bisnis online. Banyak perusahaan – perusahaan kemudian menjadi gulung tikar. Dengan adanya tekhnologi ini sekarang produsen bisa in touch langsung dengan konsumen. Satu hal yang harus kita mulai pikirkan, keberadaan KBRI diseluruh dunia yang akan kita maksimalkan untuk terhubung langsung dengan konsumen kita. Tetapi ini saja tidak cukup tetapi kita harus memperkuat produk kita. Kita sekarang tidak hanya mengejar customer satisfaction tetapi juga customer experience.” Terang Edy Setijono.

“ Yang kedua adalah destruction behavior yang menyebabkan perilaku konsumen berubah. Konsumen sekarang bisa dengan sangat detail mengetahui kita. Ketika kita mampu memprovide experience ini dengan bagus maka customer kita dengan perilaku barunya, dia bisa langsung terkoneksi dengan worldwide, dengan medsos dia, dia bisa langsung terhubung dengan dunia luar. Inilah perubahan – perubahan yang harus kita sikapi. Aksi – aksi apa yang harus kita definisikan terkait perubahan – perubahan tadi.Misalnya Website kita ini harus update anytime. “ lanjut Edy Setijono.

“ Kesiapan kita menghadapi destruction technology dan destruction behavior akan membuat kita bisa hadir dalam kompetisi persaingan yang sangat ketat tadi. Satu kata yang penting adalah improvisasi. Kita harus berinovasi karena kita tidak bisa hadir kalau tidak menempuh ini. Jadi tuntutan improvisasi kita terhadap gagasan – gagasan kreatif, terhadap produk – produk inovativ, itu akan membuat kita dekat dengan market kita. Kita berharap dua – tiga tahun ke depan TWC atau Indonesian Herigate Management Corporation ini sudah mengelola salah satu atau dua cagar budaya yang minimal ada di ASEAN. Anda harus yakin bahwa kita semua adalah juara. Kalau kita punya keyakinan bahwa kita adalah juara, seberat apapun challenge kita, pasti kita akan bisa. TWC Together We Can. “ pungkas Edy Setijono.