7 Perkara Yang Menghambat ke Surga

3 minutes

7 Perkara yang menghambat kesurga yang di sampaikan Hj Wiwik Iriani SAg di dalam Pengajian Ahad Legi Khoiru Ummah

Pengajian rutin Khoiru Ummah yang di gelar setiap ahad legi di lapangan Rakai Pikatan depan Kantor Pusat PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko (Persero) kali ini menghadirkan Ustadzah Hj. Wiwik Iriani SAg dari Yogyakarta. Pengajian yang di hadiri Ahmad Muchlis Sekretaris Perusahaan Taman Wisata Candi ini diawali dengan pembacaan Ayat-ayat suci Al-Quran oleh Endang setianingsih.

Dalam khutbahnya Ustadzah Wiwik menyampaikan 7 perkara yang bisa menghambat kesurga. Pertama Kekafiran, kenikmatan harta didunia itu hanya titipan Allah, suatu saat apabila Allah menghendaki bisa diambil kapan saja. Kedua Syirik Kepada Allah, Syirik kepada Allah Swt adalah menganggap atau menjadikan selain Allah Swt sebagai Tuhan, ini merupakan syirik yang besar sehingga pelakunya bisa dinyatakan kafir, keluar dari Islam (murtad) dan seandainya sebelum itu dia melakukan amal yang shaleh, maka terhapuslah nilai amalnya itu.

Ketiga Sombong,
Kesombongan merupakan sifat yang sangat tercela, hal ini karena manusia dengan segala kelemahan dan kekurangannya tidak pantas berlaku sombong. Hanya Allah yang Maha berkuasa, Maha kaya, Maha tahu dan sebagainya yang pantas berlaku sombong, meskipun Dia tidak menyombongkan diri.

Keempat Takabur, Jadi takabur ialah sikap membanggakan diri dan memandang derajat orang lebih rendah daripada dirinya atau merendahkan orang lain. Orang yang takabur menganggap dirinya yang paling tinggi derajat atau kedudukannya.

Sifat takabur (sombong) merupakan sikap yang sanagt dibenci oleh Allah swt karena siifat takabur akan menumbuhkan kebencian di antara manusia dan tidak akan membawa manfaat, bahkan akan merugikan , baik untuk diri sendiri maupun orang lain.

Kelima Khianat,
Khianat merupakan perbuatan yang dilarang oleh Allah swt. Khianat adalah orang yang mengingkari janji atau amanat yang diberikan padanya. Keenam Hutang, Hutang merupakan salah satu penghambat dan penghalang masuk syurga, seringkali kita menyepelekan hutang padahal sesungguhnya hutang itu merupakan penghalang menuju syurga.

Dan yang ketujuh Pemberi riba, pemakan riba, pembayar riba, saksi, dan penulisnya. Allah subhanahu wa ta’ala berfirman dalam qur’an surah al baqarah:275-276, “Orang-orang yang makan [mengambil] riba tidak dapat berdiri melainkan seperti berdirinya orang yang kemasukan syetan lantaran [tekanan] penyakit gila. Keadaan mereka yang demikian itu adalah disebabkan mereka berkata [berpendapat] sesungguhnya jual beli itu sama dengan riba.

Selain itu di akhir pengajian ini juga disampaikan oleh pengurus Khoiru Ummah. bagi jemaah yang ingin membeli kartu infaq telah disediakan 500 lembar kartu infaq, satu lembar kartu seharga Rp.100.000,-. infaq ini nantinya akan dipergunakan untuk pengembangan Masjid Al-Janah Dusun Karangmojo Tamanmartani Kalasan Sleman.