TWC Akan Bentuk World Heritage Forum

Jalankan Program Twin Heritage, Taman Wisata Candi Bersama Sejumlah Negara Akan Bentuk World Heritage Forum

Taman Wisata Candi bersama dengan sejumlah Negara akan membentuk World Heritage Forum. Ini sejalan dengan program Taman Wisata Candi yang akan menjalankan program Twin Heritage. Twin Heritage adalah kerjasama antar negara – negara yang negaranya itu memiliki World Heritage. Ini disampaikan oleh Direktur Pemasaran dan Pelayanan PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko Ricky SP Siahaan.

“ Kita membuat sebuah program yang kita katakan Twin Heritage. Twin Heritage ini adalah kerjasama antar negara – negara yang dinegaranya itu mereka memiliki World Heritage. Sehingga ada nantinya, tahun ini kita harapkan bisa bentuk sebuah World Heritage Forum yang beranggotakan negara – negara yang memiliki World Heritage di negaranya. Tujuannya adalah kita bisa bersama – sama melakukan beberapa hal salah satunya adalah joint promotion. Kita bisa bersama – sama mempromosikan World Heritage yang ada di negara kita masing – masing di destinasi kita, kita bikin promosi dari anggota negara - negara tersebut.” Kata Ricky SP Siahaan.

“ Selain itu kita bisa melakukan pertukaran pasar atau exchange market dan exchange expert. Kita bisa saling bertukar tenaga – tenaga ahli kita baik itu didalam preservasi maupun dalam konservasi. Kita juga bisa melakukan sharing experience atau bertukar pengalaman, baik itu pengalaman didalam menarik pengunjung ataupun membuat strategi – strategi pemasaran dan strategi – strategi pengembangan kawasan dalam destinasi dari World Heritage tourism destination tersebut. “ jelas Ricky.

“ Untuk Twin Heritage ini kita akan inisiasi pertama sekali adalah kelompok atau negara yang sepaham dan sejalan serta mempunyai tujuan yang sama dengan kita. Ini kita sudah menjajaki dengan Angkor Wat Kamboja. Kemudian ketika Menteri Luar Negeri Sri Lanka berkunjung ke Indonesia, mereka sangat positif tentang hal ini. Bahkan mereka ingin terlibat didalamnya. Karena di Sri Lanka ada World Heritage yaitu The Lost City. Demikian juga dengan Taj Mahal India yang menyambut ini dengan sangat positif. Nantinya World Heritage Forum yang akan kita bentuk tersebut akan diinisisasi oleh negara – negara yang ada di Asia ini menjadi Members of Asian Forum. Ini akan lebih mudah karena kita ini merupakan negara yang serumpun yaitu rumpun Asia yang bisa menciptakan kerjasama yang lebih intens. “ tambah Ricky.