Soft Launching Aplikasi Chattra Borobudur Digi-Guide

Soft Launching Aplikasi “Chattra Borobudur E-Guide”,
Upaya Edukasi dan Pengelolaan Pengunjung Berbasis Teknologi Digital

Borobudur, 14 Desember 2017. PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko (PT TWC) menjadi salahsatu perusahaan negara yang mengelola kawasan pariwisata, dimana produk pariwisata tersebut merupakan situs Warisan Budaya Dunia, yaitu Candi Borobudur. Untuk itu, sejalan dengan visi misi pengelolaan dan pengembangan pariwisata Candi Borobudur, PT TWC juga memiliki tanggung jawab untuk ikut berpartisipasi dalam menjaga keutuhan serta konservasi Candi Borobudur. Bagi PT TWC, bisnis pariwisata dan konservasi adalah dua sisi mata uang yang perlu dijaga eksistensinya. Bisnis dan konservasi perlu ditangani dengan bantuan Teknologi Informasi (IT) yang memadai, terintegrasi dan mutakhir.
Salahsatu upaya untuk memberikan edukasi dan paralel dalam pengelolaan pengunjung, maka PT TWC mengambil langkah untuk menghadirkan solusi dalam lingkup teknologi, yaitu dengan menyediakan aplikasi Digital Guiding dan Visitor Management yang bermitra dengan perusahaan asal Austria, Oroundo International. Aplikasi “Chattra Borobudur E-Guide” Oroundo akan dioperasikan di seluruh area Candi Borobudur, yang secara otomatis akan menjelaskan deskripsi tentang suatu benda/relief ketika kita mendekati area tertentu dengan konektivitas melalui bluetooth.
Oroundo adalah sebuah international plat form yang memiliki kantor utama di Vienna – Austria yang menghubungkan dan menginformasikan kepada wisatawan tentang pariwisata dan tempat budaya. CEO Oroundo, Patrick Tomelitsch dan Klaus Windisch menegaskan bahwa aplikasi ini dapat menciptakan pengalaman baru dan berbeda kepada semua wisatawan dengan salah satu produknya yaitu ‘Cultural Places’. Aplikasi ini disesuaikan dengan kondisi masing-masing negara serta destinasi pariwisata yang ada dan sudah dapat didownload gratis di Playstore dan Appstore.
Dilengkapi dengan teknologi pemancar berupa Microchip kecil Bluetooth, aplikasi ini memastikan bahwa konten yang ditampilkan di lokasi adalah tepat. Selain itu, aplikasi ini juga memberikan kemudahan dan sumber informasi tempat pariwisata dan budaya yang akurat dan terpercaya. Disajikan dalam bentuk deskripsi text, audio guide, foto, dan maps navigasi, aplikasi “Chattra Borobudur E-Guide” ini dapat diakses offline tanpa wifi. 
Produk yang dihasilkan adalah berupa aplikasi mobile berbasis Android dan juga IOS, yang kontennya akan memuat segala hal informasi mengenai Candi Borobudur dan sekitarnya, sehingga pengunjung dapat mengetahui isi konten Candi Borobudur dengan cara membaca teks informasi, video dan juga suara guide sesuai dengan lokasi yang dilewati oleh pengunjung. Manfaat dari sisi edukasi dan konservasi, PT TWC akan mendapatkan fasilitas Visitor Management dimana akan terlihat posisi dan jalur mana saja pengunjung berjalan di sekitaran candi. 
Dengan menggunakan teknologi ini, pengunjung dimudahkan dalam melakukan wisata ke Candi Borobudur, karena aplikasi ini mampu menjadi private tour guide pengunjung selama di Candi Borobudur melalui beberapa titik yang sudah tersedia. Pengunjung dapat menikmati kemudahan menjelajahi Borobudur dengan “Chattra Borobudur E-Guide” by Oroundo.
Visi yang ingin dicapai dengan aplikasi ini adalah untuk peningkatan layanan prima (Excellent Service) terhadap pengunjung, sarana edukasi yang komprehensif, peningkatan citra perusahaan sebagai penyedia layanan pariwisata yang modern dan kredibel, optimalisasi konten yang terdapat pada Cagar Budaya Candi Borobudur, sekaligus Brand Awareness Taman Wisata Candi.
Implementasi aplikasi Digital Guiding dan Visitor Management ini tentunya memberikan banyak manfaat dan kemudahan bagi wisatawan, diantaranya pengguna dapat melihat beberapa titik yang ada di lokasi Candi Borobudur dengan menggunakan teknologi beacon bluetooth, pengguna dipandu secara virtual menggunakan teknologi beacon bluetooth, pengguna diberikan informasi tentang Candi Borobudur seperti sejarah, relief dan acara yang diselenggarakan di Borobudur, pengguna dapat memesan tiket acara khusus yng diselenggarakan di Candi Borobudur secara online, pengguna dapat melihat kanal video Candi Borobudur yang terdapat dalam aplikasi, pengguna dapat mengakses peta (site map) Candi Borobudur, dsb. 
Direktur Utama PT TWC, Edy Setijono mengatakan bahwa ada dua fungsi utama yang ingin dicapai dengan aplikasi Digital Guiding dan Visitor Management.
“Fungsi Visitor Management dan Fungsi Excellent Service. Dengan aplikasi ini, kita bisa mengelola pengunjung dan kawasan sekitar Candi Borobudur dengan lebih baik, mulai dari pintu masuk (Maingate), dst. Dalam hal pemeliharaan dana pengelolaan Candi Borobudur, TWC dituntut untuk mengelola Candi Borobudur sebaik mungkin dengan rasa penuh tanggungjawab. Harapan kami, TWC bisa mengaplikasikan ini secara maksimal dalam upaya pengelolaan pengunjung, sehingga akan menghasilkan output yang luar biasa. Dengan aplikasi ini kita harus selalu mengupgrade pelayanan-pelayanan yang lebih baik kepada pengunjung”, kata Ricky SP Siahaan.
Digital Guiding ini pada akhirnya akan menjadikan Taman Wisata Candi Borobudur lebih berkelas karena telah mengimplementasikan teknologi digital dalam penyediaan informasi bagi pengunjung. Selain itu, fitur Visitor Management pada aplikasi secara langsung memberikan dampak internal dan eksternal demi mencapai tujuan konservasi Cagar Budaya Warisan Bangsa, yaitu Candi Borobudur. Melalui kerjasama yang baik antara “Chattra Borobudur E-Guide” by Oroundo dengan Borobudur ini diharapkan dapat memberikan pengalaman yang berbeda ketika melakukan kunjungan ke Borobudur serta dapat meningkatkan daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke candi ini serta memberikan perjalanan wisata yang edukatif dan informatif. 
Soft Launching aplikasi Chattra Borobudur E-Guide ditandai dengan pemukulan gong oleh Direktur Utama PT TWC, Edy Setijono, didampingi Direktur Pemasaran & Pelayanan PT TWC, Ricky SP Siahaan, Direktur Teknik & Infrastruktur PT TWC, Retno Hardiasiwi, serta Komisaris dan Direktur Utama PT Oroundo. Sebelumnya juga telah dilaksanakan penandatanganan Surat Perjanjian Kerjasama antara PT TWC dan PT Oroundo. Setelah kegiatan soft launching dilaksanakan, dilanjutkan dengan uji coba penggunaan aplikasi Chattra Borobudur E-Guide dari pintu masuk sampai diatas Candi Borobudur.