Kunjungan Wamenlu Srilangka ke PT Taman Wisata Candi

Kita kedepan ingin merancang satu kerjasama budaya melalui program Twin World Heritage antara Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko dengan salah satu Heritage yang ada di Sri Lanka.

Hal itulah yang di sampaikan Edy Setijono Direktur Utama PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko (Persero) kepada Reporter Radio Taman Wisata Candi usai menikmati hidangan makan siang bersama Mentri Luar Negeri Sri Lanka Vasantha Senanayake di Rama Shinta Garden Resto Prambanan.

Lebih lanjut Edy mengatakan Mentri Luar Negeri Sri Lanka Vasantha Senanayake berkunjung ke Candi Borobudur dan juga Prambanan yang pertama adalah ingin melihat kemegahan Candi Borobudur dan juga kemegahan Prambanan yang ternyata Candi Borobudur, Candi Prambanan & Ratu Boko mempunyai keterkaitan dengan sejarah kerajaan di Sri Lanka.

Kunjungan ini membuat Vasantha Senanayake senang sekali dan juga Vasantha menyampaikan bahwa terbuka kemungkinan untuk dilakukan satu kerjasama kebudayaan. Mereka sangat mengapresiasi kehidupan toleransi yang ada di Indonesia, Candi-candi ini tetap bisa terjaga dengan baik dan cukup juga menjadi ingatan kita bawa proses reservasi konservasi berjalan sangat baik sehingga warisan budaya ini terjaga dengan baik sampai hari ini.

Edy berharap ini menjadi satu agenda juga yang mempromosikan destinasi yang kita miliki Heritage yang kita miliki di Dunia Internasional melalui interaksi diplomatik seperti ini. Minggu depan Menlu dari Thailand juga akan hadir untuk berkunjung ke Candi Borobudur dan Prambanan, ini semua akan di kemas dengan bentuk program kerjasama World Heritage. Program kerjasama ini akan dilakukan dengan negara-negara yang memiliki World Heritage seperti Thailand, Sri Lanka ini berapa hari yang lalu dengan India.

Menikmati makan sembari memandangi kemegahan Candi Prambanan seperti ini bagi Wamenlu Sri Lanka Vasantha Senanayake sangat spesial sekali dalam penyajiannya. Sebelum makan siang Vasantha berkunjung ke kantor PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko (Persero) yang di terima langung oleh Edy Setijono yang di dampingi Ricky Sp Siahaan Direktur Pemasaran & Pelayanan serta Palwoto Direktur Keuangan, SDM & Investasi. Prambanan, 06 Desember 2017