Wamenlu Sri Lanka, Vasantha Senanayake Mengagumi Archa Brahma

Mentri Luar Negeri Sri Lanka Vasantha Senanayake hari ini mengunjungi Candi Prambanan, dalam kunjungan singkat ini Vasantha Senanayake sangat menikmati dan mengagumi Arca Brahma dan mengelilingi Candi Utama Candi Prambanan. Rabu 06/12/2017 Siang.

Mentri Luar Negeri Sri Lanka Vasantha Senanayake tiba di Candi Prambanan bersama rombongannya yang sebelumnya mengunjungi Candi Borobudur dan Kraton Yogyakarta. Vasantha bersama rombongannya langsung menaiki anak tangga Candi utama yaitu Candi Siwa dan memasuki di setiap pintu candi dari keempat penjuru mata angin.

Dalam kunjungannya yang dipandu oleh Arkeolog Balai Pelestarian Cagar Budaya Daerah Istimewa Yogyakarta, yang juga kepala Unit Candi Prambanan-BPCB DIY, Manggar Sari Ayuati mengatakan Wakil Menteri Sri Lanka Vasantha Senanayake sangat tertarik sekali dengan Candi Prambanan, karena Vasantha membandingkan kondisi di Sri Lanka.

“Waktu saya terangkan relief Ramayana, ada juga di sana, bahkan negerinya Rahwana itu Sri Lanka yang ada di sana tapi di sini ada beberapa perbedaan, di sana mereka tidak menemukan Aca Brahma, waktu di Arca Brahma beliu sangat menikmati sekali sangat mengagumi sekali karena di sana itu yang dipuja kebanyakan Wisnu sedangkan disini Siwa yang paling tinggi dipuja namun di Prambanan itu komplit ada Brahma Siwa dan Wisnu dan ini yang sangat menarik untuk beliau”.

Lebih lanjut Manggar mengatakan Menlu Sri Lanka Vasantha ini datang bersama rombongan langsung naik ke Candi Siwa mengelilingi dan memahami relief Ramayana, Beliau masih ingin menikmati karena waktunya tergesa-gesa dan agendanya padat saat mau meninggalkan Candi Prambanan beliu masih terus memandanginya.

Usai mengunjungi Candi Prambanan Mentri Luar Negeri Sri Lanka Vasantha Senanayake bersama rombonganya menuju ke Kantor PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko (Persero) bertemu dengan jajaran direksi Taman Wisata Cani. Rabu, 06 Desember 2017.