Soft Launching EXPLORE BOROBUDUR – Ride Around to Get The Unforgettable Experience

BUMN sebagai instrumen Pemerintah akan berperan aktif sebagai agent of development guna mendorong percepatan pembangunan yang berorientasikan pada community development guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Untuk itu PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko (TWC) berinisiatif membangun dan mengembangkan potensi wisata di kawasan Borobudur. Melalui paket “Explore Borobudur”, TWC ingin mengajak wisatawan untuk menikmati keindahan dan potensi-potensi wisata yang ada di desa-desa sekitar Borobudur. Keberadaan Balai Ekonomi Desa (Balkondes) menjadi salahsatu komponen utama dalam paket “Explore Borobudur”, disamping stakeholder lain seperti pengrajin, home industry, serta obyek-obyek wisata pendukung lainnya. 

“Ini adalah periode aktivasi Balkondes, menunjukkan karya-karya real yang akan semakin melengkapi keberadaan Balkondes itu sendiri. Tujuannya tentu saja untuk menciptakan aktivitas-aktivitas pada titik-titik keramaian di desa-desa sekaligus menyalakan lampu-lampu terang di kawasan Borobudur”, kata Edy Setijono, Direktur Utama PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko.
Paket Explore Borobudur ini merupakan wujud sinergitas antar berbagai pihak, yang melibatkan masyarakat, pemilik VW dan Bumades dalam pengelolaannya.
Edy Setijono atau yang lebih akrab disapa Tio juga menambahkan bahwa paket “Explore Borobudur” ini bertujuan untuk mendistribusi wisatawan ke kawasan Borobudur dengan menggunakan moda transportasi VW Safari – kendaraan dinas Camat pada era tahun 70-an. Untuk tahap awal ada empat destinasi dalam paket “Explore Borobudur”:
1. Observasi Tahu dan Explore Desa Tanjungsari (durasi 2 jam)
2. Observasi Gerabah dan Explore Desa Karanganyar (durasi 2 jam)
3. Belajar Gamelan dan Explore Desa Giritengah (durasi 3 jam)
4. Wisata Alam dan Explore Desa Karangrejo (durasi 2 jam)

Sementara itu Camat Borobudur, Nanda Cahyadi Pribadi menyampaikan ucapan terimakasih dan apresiasi kepada semua pihak atas terwujudnya Paket Explore Borobudur.
“Terimakasih TWC, Bumades Borobudur, Komunitas VW, dan semua pihak atas terwujudnya paket Explore Borobudur ini. Semoga keberadaan paket Safari VW ini bisa membawa manfaat sebesar-besarnya bagi masyarakat dan pengembangan pariwisata Kuncinya hanya satu, Bersatu”, kata Nanda Cahyadi Pribadi.
Diharapkan dengan paket ini akan terjadi penyebaran keramaian di Balkondes, di kawasan, home industry masyarakat, dan potensi-potensi wisata alam lainnya. Hal ini merupakan karya nyata dari BUMN dalam membangun Negeri, sebagai program inisiasi percepatan perekonomian lokal melalui kegiatan pariwisata sekaligus mendekatkan BUMN pada masyarakat dan mendorong pertumbuhan ekonomi lokal di kawasan Borobudur. Masyarakat harus dipersiapkan untuk menjadi tuan rumah dalam menghadapi pertumbuhan kunjungan 2 juta wisatawan mancanegara di kawasan Borobudur tahun 2019, salahsatunya melalui program “Explore Borobudur”. Dengan demikian pendapatan masyarakat diharapkan meningkat, menciptakan kesempatan berusaha dan dapat membuka lapangan kerja. Upaya ini sekaligus untuk memacu pertumbuhan ekonomi lokal melalui pengembangan sektor pariwisata.