Taman Wisata Candi Kembali Ajak Siswa SMA Cinta Cagar Budaya Melalui Program “Ayo ke Candi Sewu”

Taman Wisata Candi kembali menggelar Program Ayo ke Candi Sewu. Program yang dikhususkan untuk anak setingkat SMA ini mengajak para siswa untuk berkunjung ke Candi Sewu yang berada di komplek Taman Wisata Candi Prambanan.

Hari ini Rabu 18 Oktober 2017 program “ Ayo ke Candi Sewu “ bersama dengan siswa – siswi SMK N Kalasan dan SMA Muhammadiyah Prambanan. Program “ Ayo ke Candi Sewu “ merupakan program kerjasama antara Taman Wisata Candi Prambanan bersama dengan Balai Pelestarian Cagar Budaya Jawa Tengah, Divisi Cagar Budaya Taman Wisata Candi serta Radio Taman Wisata Candi .

Dalam program “ Ayo ke Candi Sewu " ini para siswa diajak untuk menyaksikan film Manjusrighra di Studio Audio Visual Candi Sewu, mengunjungi Museum Candi Sewu dan menyaksikan perawatan, pemugaran serta pemeliharaan di Candi Sewu. Setelah mengunjungi Candi Sewu, para siswa kemudian belajar membuat redaksional pemberitaan di Museum Candi Prambanan serta berlatih siaran di Radio Taman Wisata Candi.

Suryanto, salah seorang guru pendamping mengatakan “ Program ini memberikan wawasan kepada anak didik khususnya anak – anak yang diajak dalam program ini untuk memiliki kecintaan terhadap warisan budaya. Mudah – mudahan program seperti ini tidak hanya sekali saja tapi bisa berkesinambungan minimal setahun sekali. Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar – besarnya kepada PT Taman Wisata Candi dan BPCB Jateng atas prakarsa inisiatif program “ Ayo ke Candi Sewu . “

General Manager Taman Wisata Candi Prambanan Pujo Suwarno mengatakan program ini adalah salah satu program edukasi ke anak – anak sekolah khususnya anak SMA yang pada periode ini diprioritaskan anak sekolah disekitar kawasan Prambanan.

“ Program ini adalah salah satu upaya bagaimana mengenalkan kepada siswa agar mereka bisa tumbuh satu rasa kecintaan mengenai cagar budaya. Dan ini kedepan destinasi kunjungannya tidak hanya ke Candi Sewu saja tetapi juga ke candi – candi yang lain, seperti Candi Plaosan, Sojiwan, Keraton Ratu Boko termasuk juga kemungkinan ke Candi Borobudur. “ kata Pujo.

Para siswa begitu antusias mengikuti program “ Ayo ke Candi Sewu “. Mereka mencatat setiap keterangan yang di berikan oleh narasumber dari BPCB Jawa Tengah. Para siswa juga terlihat asyik mendengarkan teman – teman mereka yang mempresentasikan hasil pembuatan berita yang telah dikerjakan oleh masing – masing kelompok melalui siaran Radio Taman Wisata Candi. Sepuluh orang siswa yang membuat berita terbaik mendapatkan tiket menonton pertunjukan Sendratari Ramayana Prambanan.