TWC gelar upacara dengan mengenakan batik sebagai apresiasi agar budaya bangsa terus lestari

Pakaian batik khas dari berbagai daerah khususnya daerah Yogyakarta hari ini turut mewarnai upacara yang di laksanakan oleh PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko dalam rangka memperingati Hari Kesaktian Pancasila pada tanggal 01 Oktober 2017 dan Hari Batik Nasional pada tanggal 02 Oktober 2017. Senin, [02/10/17] Pagi.

Direktur Utama PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko Edy Setijono usai melaksanakan upacara ketika berbincang dengan Reporter Radio Taman Wisata Candi mengatakan bahwa hari ini melaksanakan upacara sekaligus memperingati dua hari penting.

Pertama untuk memperingati hari kesaktian pancasila pada tanggal 01 Oktober 2017, "ini menjadi catatan buat kita semua untuk selalu mengingat bahwa Pancasila harus selalu kita jaga, Pancasila harus kita junjung sebagai dasar Negara Republik Indonesia".

Kedua pada tanggal 02 Oktober 2017, "ini juga di peringati sebagai hari Batik Nasional oleh karenanya kita berbeda hari-hari biasanya, kita menjalankan upacara dengan menggunakan batik sebagai apresiasi kita agar budaya bangsa terus kita lestarikan".

Di dalam rangkaian upacara ada pembacaan Ikrar kesetiaaan kepada Pancasila, Berikut ini Ikrar Kesetian Pancasila yang dibacakan oleh Retno Prihastuti :

“Dengan Rahmat Tuhan Yang Maha Esa, kami yang melakukan upacara ini menyadari sepenuhnya:

Bahwa sejak diproklamasikan Kemerdekaan Negara Kesatuan Bangsa Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945 pada kenyataannya telah banyak terjadi rongrongan baik dari dalam negeri maupun luar negeri terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia;

Bahwa rongrongan tersebut dimungkinkan oleh karena kelengahan, kekurangwaspadaan, Bangsa Indonesia terhadap kegiatan yang berupaya untuk menumbangkan Pancasila sebagai ideologi Negara. Bahwa dengan semangat kebersamaan yang dilandasi oleh nilai-nilai luhur ideologi Pancasila, bangsa Indonesia tetap dapat memperoleh tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Maka di hadapan Tuhan Yang Maha Esa dalam memperingati Hari Kesaktian Pancasila, kami membulatkan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia”.

Dalam upacara ini, tampak pula semua jajaran Direksi serta seluruh pegawai dari masing-masing satuan kerja dan unit kerja Taman Wiata Candi Prambanan, Ratu Boko dan Sendratari Ramayana yang menggenakan baju batik . Prambanan 02 Oktober 2017.