250 Peserta dari MGMP Surakarta kunjungi Candi Sewu

Sebanyak 250 guru dan murid SMA peserta dari MGMP Surakarta hari ini Kamis 7 September 2017 melakukan kunjungan ke Candi Sewu. Yoga Saktiyasa selaku Panitia dari MGMP Sejarah Surakarta mengatakan lawatan sejarah ini agar siswa bisa tahu tentang situs – situs Cagar Budaya dan siswa itu paham serta bisa melestarikan apa yang ada di situs Cagar Budaya yang ada di Indonesia ini.

“ Peserta dari beberapa sekolah baik itu negeri maupun swasta dengan jumlah 250 peserta. Selain mengunjungi Candi Sewu, juga mengunjungi Candi Plaosan. Tujuan untuk bisa melihat sejarah Mataram Kuno hingga ke Mataram Islam. “ kata Yoga.

Guru dari SMA N 4 Surakarta Seno Triyono yang mengikuti acara ini ketika wawancara dengan Radio Taman Wisata Candi mengatakan “ Program kunjungan ke Candi Sewu ini bagi saya pribadi sangat bagus sekali karena siswa siswi atau anak – anak kita kalau tidak diperkenalkan dengan budaya – budaya yang adiluhung, yang begitu luar biasa itu mungkin tidak akan memiliki rasa handarbeni. Sehingga nanti kita dan pemerintah harus memberi tahu apa yang dimiiki oleh bangsa Indonesia itu seperti apa. Sehingga generasi – generasi muda itu tidak kehilangan apa yang menjadi kekayaan bangsa Indonesia. “

“ Candi Sewu ini bagi saya mengagumkan sekali, luar biasa. Hanya untuk renovasi dan pembangunanannya mohon lebih diperhatikan agar generasi muda itu tahu ini lho Candi Sewu yang begitu indah, begitu luar biasa buatan leluhur kita ternyata mendunia sekali. “ tambah Seno.

Muna dan Arshy, dua orang siswa yang turut serta dalam program ini merasa senang sekali. “Kami bersyukur dan menjadi lebih tahu tentang sejarah Indonesia serta menambah wawasan kita. Ternyata candi – candi di Indonesia bagus – bagus banget. Kami ga nyangka kalau ternyata masih ada, Cagar Budaya itu dirawat dan banyak yang masih bisa dikunjungi. Kita belum pernah pergi ke candi untuk wisata atau study tour gitu, ternyata Candi Sewu bagus banget. Ada banyak cerita gitu didalamnya dan bagus - bagus. Namanya juga menarik, Candi Sewu. Jadi dipikiran kita itu disini ada seribu candi. “