TWC Ikut Memeriahkan Pameran Museum Se-Jawa Bali di Lumajang

PT. Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko melalui program Divisi Cagar Budaya yang melibatkan TWC Borobudur, TWC Prambanan, Unit Teater Pentas Transpot dan Radio Taman Wisata Candi ikut berpartisipasi memeriahkan pameran museum bersama di Kawasan Wonorejo Terpadu Lumajang Jawa Timur.

Pameran ini dalam rangka menyemarakkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-2 Museum Daerah Kabupaten Lumajang dan bertepatan dengan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia, Pemerintah Kabupaten Lumajang menggelar pameran museum bersama.

Pameran yang berlangsung di Kawasan Wonorejo Terpadu, Desa Wonorejo Kecamatan Kedungjajang, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur ini diikuti oleh sejumlah museum dari berbagai kota se - Jawa Bali.

Pameran yang dibuka oleh Bupati Lumajang Drs. H. As’at Malik, M.Ag ini berlangsung dari tanggal 24-26 Agustus 2017, dan di buka mulai pukul 08.00-21.00. Dari berbagai peserta yang mengikuti, ada beragam barang yang dipamerkan.

"Kita bersama-sama berkumpul memamerkan seluruh budaya dalam rangka pameran museum se - Jawa Bali, saya ucapkan terima kasih kepada pecinta-pecinta budaya, pemerhati budaya" Demikian di sampaikan Bupati Lumajang Drs. H. As'at Malik, M,Ag saat memberikan sambutan dalam pameran tersebut.

Lebih lanjut Malik mengatakan " Generasi muda harus terus bangkit, generasi muda harus mengingat kembali apa yang sudah dilakukan kepada pejuang kita terdahulu, dari barang-barang lama yang di tampilkan di museum, disitu kita bisa belajar bagaimana seorang pejuang dimasa itu dengan kesederhanaannya, dengan kita melihat dari bajunya atau bisa melihat dari senjata yang digunakan, kita bisa melihat alat-alat untuk memenuhi di rumah tangga bagaimana dulu mereka menyemangati generasi muda, bagaimana dulu mereka menahankan kemerdekaan ini akan kita lihat semuanya, kalau itu terus menerus dilakukan di HUT Museum Lumajang yang kedua ini saya berharap masyarakat bisa menikmati dan bisa membuat itu menjadi motifasi dan kita terus bergerak untuk menghargai."

Stand pameran Taman Wisata Candi memberikan tampilan dan warna tersendiri dengan konsep edukasi, memamerkan, mengenalkan Candi Borobudur dan Candi Prambanan dengan pernak pernak miniatur dan permainan ke masyarakat Lumajang, selain itu juga mengemas sebuah cerita dari relief candi Borobudur dan Prambanan dengan bentuk cerpen yang di pajang sehingga menarik bagi pengunjung untuk mendatangi stand TWC. Mereka belomba-lomba untuk membaca cerita dari relief- candi, usai membaca akan diberikan pertanyaan oleh petugas stand dan yang bisa menjawab dengan benar akan mendapatkan satu buah gantungan kunci yang berbentuk Candi Borobudur dan Prambanan.

Pengunjung stand juga dapat berfoto selfie dengan mengenakan atribut Pagelaran pertunjukan Sendratari Ramayana, Kera, kelinci dan kijang kencana. Pengunjung juga dapat berkontribusi memberikan kesan mereka terhadap pameran ini dengan menulis pesan singkat untuk kritik dan saran, selain itu mereka juga bisa mendengarkan siaran dari Radio Taman Wisata Candi yang hampir 85% program siarannya menyajikan informasi tentang percandian.

Animo pengunjung melebihi dugaan, mayoritas dipadati oleh siswa siswi TK, SD, SMP dan SMA dari wilayah Lumajang.

Keikut sertaan TWC dalam pameran ini salah satunya bertujuan untuk mengenalkan lebih dekat lagi tentang Warisan Budaya Dunia sekaligus meningkatkan kunjungan sekolah sebagai program study tour yang memberikan wawasan sejak dini tentang Warisan Budaya Dunia ini. Lumajang, 24 Agustus 2017.