Lunch Talk Dengan Menteri Agama di Ramayana Garden Resto

Menteri Agama Republik Indonesia Lukman Hakim Syaifuddin siang hari ini Selasa 8 Agustus 2017 berada di Ramayana Garden Resto untuk menghadiri acara Lunch Talk terkait dengan Pendidikan Karakter.

Hadir dalam acara tersebut seluruh Kanwil Kemenag dari seluruh Indonesia. Lukman Hakim mengatakan Pendidikan Karakter bisa dilakukan dengan dua pendekatan. Yang pertama adalah lewat pembentukan faham keagamaan, karena apa yang dilakukan adalah buah dari pemahaman masing – masing orang. Karenanya maka pemahaman itu harus dibentuk terlebih dahulu.

“ Pelajaran agama lebih menitik beratkan yang kaitannya dengan pemahaman keagamaan. Mana yang baik mana yang tidak. Mana yang sebaiknya dilakukan mana yang sebaiknya tidak dilakukan. Untuk memberikan pemahaman yang menjadi pondasi dari setiap peserta didik sehingga kemudian dia bisa bertindak sesuai dengan faham yang dia miliki. Yang kedua adalah melalui contoh atau teladan. Jadi misalnya nanti ada holah berjamaah, ada mengaji bersama. Itu adalah cara membiasakan perilaku baik. Jadi selalu dua pendekatan itu yang nanti akan ditekankan dalam rangka penguatan pendidikan karkter itu. “ kata Lukman.

Mengenai dipilihnya lokasi Lunch Talk di Ramayana Garden Resto Prambanan yang berlatar belakang Candi Agama Hindu, Lukman mengatakan ini adalah salah satu bagian untuk menginspirasi semuanya bahwa Jogja ini adalah sesuatu yang menarik, masyarakatnya heterogen, beragam, meskipun mayoritas penduduknya adalah umat muslim, tapi disini ada Prambanan tempat umat Hindu beribadah, juga dekat dengan Borobudur tempat umat Buddha beribadah. Ini sesuatu yang menarik bahwa kemajemukan, keberagaman itu sudah ratusan tahun hidup di Nusantara tanpa ada gesekan apapun. Mudah – mudahan ini menginspirasi semuanya.