Yogyakarta Victoria Consert Of Friendship di gelar di Candi Prambanan

Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa Yogyakarta dan Melbourn Sympony Orchestra mempersembahkan Yogyakarta Victoria Consert Of Friendship yang bertajuk The Sympony Orchestra Collaboration Consert di lapangan garuda mandala Taman Wisata Candi Prambanan. Jum’at [04/08/2017. Malam.

Konser yang diprakasai oleh Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta yang bekerjasama dengan Negara bagian Victoria ini di hadiri langsung oleh Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X yang sekaligus memberikan sambutan pembukaan Yogyakarta Victoria Consert Of Frienship.

“Saya mewakili pemerintah dan Masyarakat Daerah Istimewa Yogyakarta mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Melbourn Sympony Orchestra dan pemerintah bagian Victoria yang telah bekerja keras dan memberikan dukungannya sehingga pementasan malam ini dapat terlaksana” Demikian sambutan Sri Sultan Hamengku Buwono X sebelum konser dimulai.

Lebih lanjut Sri Sultan mengatakan bahwa pementasan yang bertajuk Yogyakarta Victoria Consert Of Friendship ini merupakan salahsatu bentuk terlaksana kerjasama antara Daerah Istimewa Yogyakarta dengan Negara bagian Victoria serta merupakan salah satu sumbang sih penting bagi hubungan antara Indonesia dan Australia.

Indonesia dan Australia di karuniai kedekatan secara geografis beraduan pekade terakhir Indonesia dan Australia menjadi semakin dekat karena kesamaan nilai-nilai kedua Negara Demokrasi, Kebebasan berpendapat dan ekonomi yang terbuka dari perspeksi strategi jangka panjang.

Kedua Negara banyak memiliki kepentingan yang sama termasuk di dalamnya untuk bersama menjaga stabilitas dan kedaulatan wilayah Asia Fasific seperti halnya hubungan dengan Negara lain hubungan Indonesia dan Australia juga mengalsmi pasang surut hubungan kedua Negara terkadang memanas karena permasalahan politik di saat hal tersebut terjadi hubungan kebudayaanlah yang dapat tetap melekatkan persahabatan kedaua Negara.

Pentingnya pertukaran kebudayaan dalam membangun jembatan persahabatan antar Negara bukanlah suatu hal yang baru namun pertukaran budaya seringkali di salah pahami sebagai paflik di bumi. Dalam pandangan saya kedaunya bukanlah hal yang sama, menggunakan kedekatan universal guna mengenalkan identitas satu pihak ke pihak lain sementara pertukaran budaya menggunakan pendekatan dua arah untuk membangun saling kepahaman antara keduanya.

Sri Sultan berharap hubungan antara Daerah Istimewa Yogayakarta dan Negara bagian Victoria dapat terus di isi kegiatan – kegiatan yang mendekatkan masyarakat kedua daerah karena beliau percaya yang terjalin melalui kegiatan kebudayaan bersama, pendidikan, perdagangan dan kolaborasi merupakn kunci bagi hubungan jangka panjang kedua Negara.

Sebelum konser di mulai Sri Sultan beserta rombongannya menikmati hidangan makan malam di Resto Prambanan yang masih dalam komplek Taman Wisata Candi Prambanan. Prambanan 04 Agustus 2017.