Borobudur International Festival 2017

 

Opening Ceremony Borobudur International Festival (BIF) 2017 secara resmi digelar pada malam hari ini, Jumat 28 Juli 2017 di Areal Lumbini kompleks Taman Wisata Candi Borobudur.

Penyelenggaraan BIF ini sebagai wadah bagi seniman (dalam dan luar negeri) untuk menampilkan kreativitas terbaik mereka. Selain itu, BIF juga bertujuan untuk membranding Candi Borobudur sebagai magnet utama destinasi Joglosemar (Jogja, Solo, Semarang) dalam meningkatkan kunjungan wisman ke Jateng dan DIY, sekaligus mendukung target 2 juta wisman pada 2019 mendatang.

Seperti disampaikan oleh Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Kementerian Pariwisata, Esthy Reko Astuty, dalam sambutannya bahwa penyelenggaraan BIF ini adalah yang keempat kalinya meskipun tahun penyelenggaraan tidak rutin.
"Harapan kita bersama BIF dapat menjadi event tahunan dan terjadwal lebih rutin lagi, untuk mempromosikan pariwisata Indonesia. Seni, budaya dan keberadaan desa wisata sangat baik dalam mendukung pengembangan kawasan Borobudur", kata Esthy Reko Astuty.

Sementara itu, Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo dengan tegas menjawab tantangan untuk menyelenggarakan BIF setiap tahun secara rutin.
"Tahun depan harapan kita semua BIF memiliki peluang dan kesempatan lebih besar lagi untuk menampilkan potensi-potensi masyarakat. Acara akan dikemas tidak hanya secara tradisional saja tetapi juga dibalut nuansa modern. BIF ini bisa menjadi magnet untuk mendatangkan wisatawan ke Borobudur", kata Ganjar Pranowo.

Ganjar juga menjelaskan bahwa BIF 2017 juga bertujuan untuk mempererat persahabatan antar bangsa melalui pariwisata dan budaya. Terbukti malam ini ada suguhan penampilan tari dari negara-negara sahabat seperti China, Jepang dan India, turut menyemarakkan panggung BIF 2017.

BIF 2017 diselenggarakan 28 - 30 Juli 2017. Penyelenggara kegiatan adalah Pemerintah Provinsi Jateng, didukung oleh PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko. Berbagai stand pameran UMKM dan ragam potensi pariwisata Jateng dan DIY juga turut memeriahkan event BIF 2017.

#PesonaBIF