download

Peringati Hari Purbakala Ke-108, Relawan Bersih Candi Prambanan

1 minute

Puluhan orang yang berasal dari berbagai organisasi kemasyarakatan mengikuti kegiatan bersih lingkungan di Candi Prambanan, Minggu (13/6/2021). Kegiatan dalam rangka peringatan Hari Purbakala Ke-108 ini juga diadakan serentak di 9 candi di DIY maupun Jawa Tengah, seperti Candi Sewu, Candi Plaosan, Candi Sojiwan, Keraton Ratu Boko, Candi Barong, Candi Sambisari, Candi Merak dan Candi Karangnongko.

Para peserta yang berasal dari Paguyuban Muda-Mudi Hindu Dharma (PMHB), Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma (KMHD), Penyuluh Agama Hindu dan Guru Agama Hindu di DIY dan Jateng ini telah siap sejak pagi hari dengan membawa peralatan kerja bakti seperti sapu serta sabit.

Mereka menyisir halaman II Candi Prambanan untuk membersihkan dedaunan yang berserakan serta mencabuti rumput serta lumut yang tumbuh liar pada susuan arca yang masih dipugar. Bersih Candi ini tetap mengikuti kaidah pemugaran benda bersejarah, seperti tidak boleh memindahkan batuan candi.

Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Hindu Kementerian Agama RI Tri Handoko Seto mengajak seluruh peserta untuk menghargai karya terbaik para pendahulu sebagai mahakarya yang perlu dijaga.

“Kita maknai sebagai kepedulian kita semua untuk melestarikan dan memuliakan candi-candi ini. Harapannya, kepedulian ini akan meningkatkan rasa kepemilikan kita bersama dan mendukung pelestarian situs bersejarah ini,” ujarnya saat membuka kegiatan ini.