PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko (Persero) melalui program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) melakukan Pendampingan Budidaya Tanaman Organik di Dusun Jongkangan, Taman Martani, Kalasan, Sleman. Hasil budidaya ini dirayakan dengan melakukan Panen Padi Sehat bersama kelompok tani Ngudi Makmur dan warga masyarakat, Rabu (23/12/2020).

Program pendampingan budidaya tanaman organik merupakan upaya pengembangan pertanian berbasis sumberdaya lokal untuk peningkatan taraf ekonomi masyarakat sekitar. Program ini dilaksanakan sebagai wujud kepedulian PT TWC untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat khususnya di Dusun Jongkangan, Kalasan.

“Harapannya ke depan, petani di Dusun Jongkangan sebagai produsen tanaman organik yang bisa menyuplai produk sehatnya ke kota dan daerah lain seiring dengan berubahnya pola hidup warga yang mementingkan kualitas produk yang lebih sehat dan terjamin,” terang Manager TJSL PT TWC Bambang Sarwo Eddy dalam sambutannya saat membuka kegiatan ini.

Panen bersama ini dimulai dengan upacara wiwitan yang dipimpin langsung oleh sesepuh desa Hardi Suharto. “Tujuan pelaksanaan upacara ini adalah sebagai ungkapan syukur atas panen raya yang berlimpah dan rejeki untuk yang akan datang. Upacara ini sudah berlagsung sejakl nenk moyang dan masih dilestarikan sampai saat ini,” terang Mbah Hardi.

Pendampingan dimulai dengan menanam padi jenis IR 64 di lahan seluas 1,2 hektar milik anggota kelompok tani Ngudi Makmur dengan masa tanam selama 85 hari. Tujuannya ialah membentuk daerah ketahanan pangan yang sesuai dengan tujuan Pembangunan Berkelanjutan dalam bidang sosial yang meliputi penghapusan kemsikinan, penghapusan kelaparan, kesehatan dan peningkatan kesejahteraan.