Di tengah kondisi pandemi Covid-19, PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko (Persero) terus mengupayakan pelayanan terbaik dengan penerapan protokol kesehatan yg ketat. Standar kebersihan, kesehatan, keselamatan dan kelestarian lingkungan menjadi beberapa poin penting yang harus diwujudkan dalam pelayanan di destinasi kelolaan PT TWC.

Manohara Resto yang berada di dalam area Taman Wisata Candi Borobudur merupakan salah satu unit usaha yang menjalankan standar ini. Prinsip yang dipegang kokoh ini diimplementasikan langsung ke dalam pelayanan yang profesional.

Hal ini terbukti dengan penghargaan yang diraih oleh Manohara Resto dari pemerintah Indonesia pada rangkaian Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-56. Manohara Resto mendapatkan peringkat terbaik pertama kategori Pengelolaan Pangan Rumah Makan atau Restoran dalam Penghargaan Bidang Kesehatan Lingkungan 2020.

“Upaya yang selama ini kami lakukan untuk menerapkan protokol kesehatan kepada customer-customer kami alhamdulillah mendapatkan apresiasi pemerintah. Ini tentu menjadi cambuk bagi kami untuk bisa menghadirkan produk yang bersih, produk yang sehat, produk yang aman bagi konsumen kami. Mudah-mudahan hal ini menjadi hikmah bagi kami semua,” Ungkap General Manager Manohara Resto, Jamaludin Mawardi saat menerima penghargaan ini, Selasa (17/11/2020).

Penghargaan tersebut merupakan kolaborasi dari lintas Kementerian/Lembaga sebagai upaya dalam pengendalian COVID-19 dengan indikator penilaian lomba sesuai dengan Keputusan Menteri Kesehatan (KMK) Nomor 382 Tahun 2020 tentang Protokol Kesehatan bagi Masyarakat di Tempat/Fasilitas Umum dalam Pencegahan dan Pengendalian COVID-19.

Acara penghargaan tersebut bertujuan untuk mengapresiasi berbagai bidang usaha dan tempat pelayanan umum seperti pelabuhan dan bandar udara, terminal, restoran, rumah makan, jasa boga dan usaha sejenis yang telah konsisten menerapkan protokol kesehatan serta fasilitas layanan kesehatan (fasyankes) yang telah menghapuskan alat kesehatan bermerkuri 100%.

Menteri Kesehatan Indonesia Terawan Agus Putranto mengatakan inisiasi ini berguna sebagai bentuk pencegahan Covid-19. Salah satunya dengan penerapan protokol kesehatan termasuk di tempat fasilitas umum.

“Sesuai peraturan pemerintah, kegiatan ini bisa menjadi momentum mengajak seluruh komponen anak bangsa dalam perilaku hidup sehat serta penerapan protokol di tempat dan fasilitas umum,” ujar Menteri Terawan pada sambutan acara ini.

Selain sebagai apresiasi kepada berbagai jenis bidang usaha dan tempat pelayanan umum, acara penghargaan ini juga bertujuan untuk memulihkan ekonomi dalam membangun kepercayaan masyarakat dan wisatawan domestik maupun internasional dengan menerapkan protokol kesehatan di era kebiasaan baru (new normal) ini.