PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko (Persero) membagikan sebanyak dua ribu paket sembako kepada masyarakat di sekitar kawasan Taman Wisata Candi Prambanan, Senin (18/5/2020). Penyaluran paket sembako ini merupakan bagian dari kepedulian PT TWC terhadap masyarakat sekitar, terutama kelompok pedagang di kawasan TWC yang terdampak akibat adanya pandemi Covid-19 saat ini.

Pembagian paket sembako ini dilakukan di dua tempat, yaitu di Lapangan Rakai Pikatan, Kalasan, Sleman, serta di Kantor Unit Prambanan, Klaten, Jawa Tengah. Paket ini akan didistribusikan kepada para pedagang di kawasan TWC serta juga ke warga masyarakat.

Dirut PT TWC Edy Setijono mengatakan bahwa paket sembako ini merupakan tali asih dari PT TWC kepada warga sekitar. Melalui bantuan ini diharap dapat ikut membantu memenuhi kebutuhan utama warga sekitar dalam menghadapi situasi pandemi ini.

“Walau perusahaan ini juga kehilangan pendapatan akibat pandemi Covid-19 yang sedang melanda dunia, kami tetap peduli serta berbagi kepada warga, khususnya para pedagang kawasan TWC yang terdampak langsung. Semoga bantuan ini dapat meringankan keperluan pokok dalam menghadapi momen Lebaran di masa pandemi ini.” Ujar Direktur Utama PT TWC Edy Setijono.

Kadisparbudpora Kabupaten Klaten Sri Nugroho yang mewakili Bupati Klaten mengapresiasi bantuan yang diberikan PT TWC ini, khususnya terhadap pedagang yang berada di Taman Wisata Candi. “Di Klaten sendiri, kami mendata ada 1012 PKL di kawasan wisata yang terdampak Covid-19. Bantuan dari PT TWC ini dapat meringankan beban warga dan pedagang di kawasan Prambanan.” Terangnya.

Camat Prambanan Klaten Suhardi mengatakan sebanyak 36 ribu keluarga di Prambanan terdampak Covid-19. “Alhamdulillah dengan bantuan ini bisa meringankan beban warga, khususnya di enam desa di kecamatan Prambanan.” Ujarnya.

Bantuan kali ini didistribusikan kepada warga Desa Tamanmartani, Kalasan dan Desa Bokoharjo, Prambanan Sleman. Selain itu, bantuan juga diberikan kepada enam desa di Prambanan, Klaten, yang meliputi Desa Tlogo, Kebondalem Kidul, Taji, Kokosan, Bugisan dan Pereng.

Selama dua pekan terakhir, PT TWC melalui Satgas Bencana TWC, telah memberikan bantuan kepada masyarakat luas. Beberapa di antaranya berupa sembako dan perlengkapan medis (APD) yang diberikan kepada Sekretariat Forum CSR Kabupaten Klaten, RR Riptaloka Kecamatan Prambanan Kabupaten Sleman, Masyarakat Padukuhan Tirtomartani Kabupaten Sleman, Masyarakat Padukuhan Mrican Kabupaten Sleman, Masyarakat Padukuhan Wedomartani Kabupaten Sleman, dan Pondok Pesantren Al Jadid Fisabilillah Sleman.

Selain di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, bantuan juga diberikan kepada masyarakat di lima kabupaten seperti Pati, Blora, Rembang, dan Grobogan, Provinsi Jawa Tengah. Bantuan berupa sembako ini merupakan wujud nyata BUMN Untuk Indonesia.

Sementara itu, sebanyak 1000 sembako juga diberikan kepada masyarakat di sekitar Kawasan Taman Wisata Candi Borobudur. Bantuan diterima oleh perwakilan pemerintah Desa di Manohara Borobudur, Selasa (19/5/2020). Penyerahan bantuan ini juga dihadiri oleh Wakil Bupati Magelang Edy Cahaya bersama Direktur Utama PT TWC Edy Setijono.

Penyerahan dilakukan selama dua hari. Hari pertama bantuan disalurkan untuk warga sekitar. Sementara 3600 paket sembako untuk pedagang dan asongan di kawasan TWC diberikan pada hari kedua.