PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko (Persero) menjamin seluruh objek wisata candi di bawah pengelolaannya aman untuk dikunjungi wisatawan dan aman dari virus Corona.

“Kami tegaskan bahwa wisata candi, baik candi Borobudur, Prambanan maupun Ratu Boko saat ini dalam kondisi aman untuk dikunjungi wisatawan,” terang Sekretaris Perusahaan TWC Emilia Eny Utari saat membuka kegiatan Sosialisasi Pencegahan Virus Corona yang dihadiri oleh puluhan masyarakat di sekitar Candi Prambanan, Sabtu (7/3/2020).

Sebagai langkah antisipasi, pihaknya juga melakukan berbagai persiapan seperti pengecekan suhu tubuh badan terhadap pengunjung di objek wisata candi. “Kami menyediakan antiseptik atau had sanitizer di beberapa titik kompleks candi. Selain itu, kami juga melakukan pengecekan suhu tubuh kepada wisatawan mancanegara yang berkunjung.”

Emilia mengatakan, pihaknya juga menyediakan tenaga medis di area candi agar dapat memberikan pertolongan dengan cepat jika ditemukan ada wisatawan yang terindikasi atau mengalami gejala terjangkit virus Corona.

“Tenaga medis ini akan memberikan penanganan awal. Bila memang ada indikasi maka langsung akan dibawa ke rumah sakit terdekat,” katanya.

Selain itu, Emilia juga berpesan bagi masyarakat yang ada di sekitar candi Prambanan untuk tetap tenang serta meyakinkan bahwa wilayah Candi Prambanan aman dan bebas dari virus Corona.

“Kami memastikan bahwa wilayah di sekitar candi ini aman dan bebas dari virus Corona. Hal ini kita buktikan dengan melakukan pengecekan terhadap para wisatawan yang berkunjung ke wilayah kami.” tutup Emilia.

Sosialisasi pencegahan virus Corona ini dilakukan langsung oleh dokter Klama Sari yang merupakan dokter RSUD Prambanan. Dokter lulusan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta ini menerangkan mulai dari awal mula kemunculan virus Corona hingga cara mencegahnya. Selain itu, dirinya juga memberikan pemahaman mengenai cara mencuci tangan yang baik dan benar serta pemasangan masker yang berguna untk mencegah kotoran masuk ke tubuh.